6 Saran Keuangan yang Wajib Diperhatikan Anda dan Pasangan

Kompas.com - 01/06/2019, 06:06 WIB
Ilustrasi pasangan bahagia DragonImagesIlustrasi pasangan bahagia

JAKARTA, KOMPAS.com - Menikah bukan hanya menyatukan Anda dan pasangan yang Anda cintai, namun juga menyatukan tujuan keuangan bersama. Dalam hal pengelolaan keuangan, pastilah ada saja ketidakcocokan antara Anda dan pasangan.

Dilansir dari The Balance, Sabtu (1/6/2019), berikut ini adalah 6 saran keuangan yang wajib diketahui oleh Anda dan pasangan.

1. Buat rekening terpisah dan satu rekening bersama

Haruskah Anda membuat rekening bank bersama atau memiliki rekening terpisah adalah keputusan terpenting yang harus Anda dan pasangan tentukan terkait keuangan. Memiliki uang sendiri yang dapat Anda tabung kapanpun dapat mengurangi perselisihan soal uang.

Perlu diingat bahwa memiliki rekening masing-masing tidak mengurangi aspek kesatuan dalam pernikahan. Pun langkah ini tidak berarti bahwa Anda dan pasangan saling tidak percaya.

Baca juga: Simak Tips Atur Uang Bersama Pasangan

2. Kenali cara membelanjakan uang

Langkah ini sama dengan menganggarkan pengeluaran. Merekam jejak belanja Anda bukan cara untuk saling menyalahkan siapa yang belanja apa.

Melacak pengeluaran pun bukan cara untuk mengandalkan pasangan untuk membelikan sesuatu untuk Anda, maupun sebaliknya. Ini adalah cara penting agar Anda dan pasangan dapat aman secara finansial.

3. Tetapkan prioritas keuangan bersama

Ketahuilah apa yang penting bagi Anda maupun pasangan. Mungkin salah satu dari Anda ingin mempunyai rumah atau mobil, sementara yang lainnya menganggap menabung untuk masa pensiun lebih penting.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X