Peringkat Utang RI Naik, IPC Dapat Label Layak Investasi

Kompas.com - 01/06/2019, 17:22 WIB
Direktur Utama IPC, Elvyn G Masassya di Kantor Kemenhub, Kamis (12/7/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Utama IPC, Elvyn G Masassya di Kantor Kemenhub, Kamis (12/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor's (S&P) menaikkan rating utang jangka panjang Indonesia dari BBB- menjadi BBB. Di saat yang sama, rating stand-alone credit PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC juga meningkat.

Berdasarkan review S&P, profile kredit IPC membaik dari BB+ menjadi BBB-. Dalam dunia investasi, peringkat BBB- dikategorikan sebagai peringkat investment grade atau layak investasi.

Hal tersebut ditulis S&P dalam review terbarunya.

"Penilaian ini berdasarkan pandangan bahwa kondisi perekonomian Indonesia yang lebih stabil akan mendukung perusahaan-perusahaan seperti IPC dalam meningkatkan pendapatan dan menekan gejolak arus kas (cash flow) mereka,” tulis S&P sebagaimana dikutip pada Sabtu (1/6/2019).

Baca juga: Meski Peringkat Naik, Ini Masih Jadi PR Besar Indonesia

Direktur Utama IPC Elvyn G Masassya mengapresiasi penilaian tersebut. Menurut dia, kenaikan peringkat utang IPC menandakan kepercayaan investor global terhadap pelaksanaan proyek-proyek strategis nasional yang dilaksanakan IPC.

"Salah satunya pembangunan Terminal Kijing di Kalimantan Barat, untuk meningkatkan konektivitas nasional,” kata Elvyn.

Pekan lalu, S&P menaikkan peringkat utang jangka panjang Indonesia atau sovereign credit rating Indonesia dari BBB- menjadi BBB dengan prospek stabil. Selain itu, S&P juga menaikkan peringkat utang Indonesia jangka pendek menjadi A-2 dari A-3.

Baca juga: Kado Lebaran, Peringkat Daya Saing dan Kredit RI Naik

Dalam penilaiannya, S&P menyebut ekonomi Indonesia secara konsisten mengungguli negara-negara lain dengan tingkat pendapatan yang serupa. Lembaga ini optimistis dengan kebijakan Indonesia yang stabil dan pengaturan fiskal yang hati-hati, prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap kuat di tahun-tahun mendatang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X