Pertamax Jadi Primadona Pemudik

Kompas.com - 03/06/2019, 05:14 WIB
SPBU Modular di Rest Area Kilometer 33A Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEASPBU Modular di Rest Area Kilometer 33A Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax mendominasi peningkatan konsumsi BBM pada mudik Lebaran 2019.  Sejak Satuan Tugas Ramadhan Idul Fitri (Satgas Rafi) 1440 H dimulai tanggal 21 Mei 2019, tren konsumsi BBM memang menunjukan peningkatan siginifikan,

Satgas Rafi yang bertugas memastikan kelancaran distribusi dan keamanan stok BBM serta elpiji ini akan bertugas hingga H+15, yaitu tanggal 21 Juni 2019.

Region Manager Communication & CSR Pertamina, Rifky Rakhman Yusuf mengatakan, dibandingkan rata-rata harian normal, konsumsi Pertamax naik 19,1 persen, kemudian Pertalite naik 11,4 persen, dan Premium 5,9 persen.  Namun Pertamax Turbo mengalami penurunan 6,4 persen. 

"Sedangkan untuk gasoil, Bio Solar masih berada di peringkat tertinggi yaitu naik 31,9 persen, disusul Pertamina Dex 25 persen dan Dexlite 17,2 persen,” sebut Region Manager Communication & CSR, Rifky Rakhman Yusuf, dalam siaran pers, Minggu (2/6/2019).

Baca juga: Pedagang, Buruh, hingga Marbot Masjid Ikut Mudik Gratis Pertamina

Menurut dia, puncak konsumsi BBM tertinggi terjadi pada tanggal 30 Mei 2019. Berdasarkan data yang diterima Pertamian peningkatan konsumsi ini juga dikarenakan jumlah kendaraan yang masuk melalui ruas jalan Bakauheuni - Terbanggi Besar mencapai 18 ribuan kendaraan.

“Jika dibanding hari-hari sebelumnya, memang tanggal 30 Mei merupakan puncak tertinggi arus mudik yang melintas di jalur Sumatera, sehingga konsumsi BBM di tanggal tersebut juga mengalami peningkatan 171 persen untuk Pertamax jika dibanding hari sebelumnya, dan kenaikan 130 persen untuk Pertalite, sedangkan Pertamax Turbo naik 132 persen pada tanggal 26 Mei dan Premium mengalami penjualan tertinggi pada tanggal 28 Mei yaitu naik 115 persen,” papar Rifky.

Untuk produk gasoil lanjut dia, tren konsumsi tertinggi Bio Solar terjadi pada tanggal 23 Mei yaitu naik 142 persen, Dexlite pada 25 Mei yaitu 177 persen serta Pertamina Dex 259 persen pada 22 Mei.

Rifky berharap, melalui penyediaan varian produk untuk BBM ini, para pemudik dapat memilih produk berkualitas yang terbaik untuk kendaraannya.

“Karena perjalanan mudik ini adalah perjalanan yang mencari kenyamanan, sehingga kami menghimbau para pemudik untuk menggunakan bahan bakar berkualitas seperti Pertamax Series dan Dex Series,” kata Rifky.  (Azis Husaini, Ika Puspitasari)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Pertamax jadi primadona pengendara saat mudik Idul Fitri 1440 H

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X