Gandeng Sat Nusapersada, Perusahaan Perakit iPhone Lirik Jatim

Kompas.com - 03/06/2019, 07:38 WIB
Jejeran smartphone Xiaomi yang dipajang di pusat perakitan ponsel PT Sat Nusapersada Tbk di Batam, Kepulauan Riau.
David Oliver Purba/Kompas.comJejeran smartphone Xiaomi yang dipajang di pusat perakitan ponsel PT Sat Nusapersada Tbk di Batam, Kepulauan Riau.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegatron, perusahaan asal Taiwan  menggandeng perusahaan Indonesia, PT Sat Nusapersada Tbk (PTSN) untuk memproduksi produk elektronika. Pegatron merupakan perusahan perakit iPhone.

"Mereka menyampaikan bahwa akan menaikkan jumlah produksinya dan memproduksi produk elektronika lainnya dalam kapasitas kerja sama dengan Satnusa," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sepeti dikutip dari Kontan.co.id, Minggu (2/6/2019).

Dia menyebutkan, PT Pegatron juga sedang mencari lokasi baru untuk investasi, mereka mempertimbangkan Jawa Timur. Adapun izin usaha industri atas nama PT Pegatron Technology Indonesia telah berlaku efektif mulai 15 Maret 2019.

Pegatron akan membuat komponen produk smarthome seperti komputer, alat-alat telekomunikasi nirkabel, dan sebagainya. Perusahaan juga akan membuat smartphone.

Baca juga: Penjualan Iphone Loyo Hingga 17 Persen, Apple Akan Pensiun?

Berdasarkan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI), izin usaha Pegatron juga meliputi industri peralatan komunikasi. Tidak hanya memproduksi produk smarthome, Pegatron juga akan memproduksi smartphone chip Apple untuk iPhone.

"Kalau dicermati dari lingkup izin usahanya, Pegatron juga memasukkan KBLI semi-conductor. Mungkin ke depan bisa jadi akan memproduksi serangkaian smartphone chip," kata Direktur Perwilayahan Industri Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian Ignatius Warsito.

Warsito mengatakan, Pegatron telah melakukan investasi awal senilai Rp 50 miliar untuk membuat komponen produk smarthome  di Kawasan Batamindo, Batam. Jika berjalan baik dan lancar maka investasi akan bertambah ke depannya. Total investasi yang digelontorkan mencapai 1,5 miliar dollar AS.

Relokasi Pegatron ke Batam membutuhkan lahan setidaknya 10 hekatr hingga 15 hektar.

Sementara itu Sat Nusapersada sendiri sudah menginformasikan kerja sama dengan Pegatron ke Bursa Efek Indonesia.(Kenia Intan)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Pegatron dan Sat Nusapersada kerjasama, perakit Iphone itu juga ekspansi ke Jatim

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X