5 Cara Ampuh agar Bebas dari Perangkap Kartu Kredit

Kompas.com - 03/06/2019, 16:01 WIB
Ilustrasi kartu kredit IndikaFM.com, Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi kartu kredit

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu kredit memang diciptakan untuk kenyamanan Anda dalam bertransaksi. Namun demikian, bila tidak digunakan secara bijak, kartu kredit bisa menjadi perangkap Anda, sehingga Anda susah lepas dari jeratannya.

Dilansir dari The Balance, Senin (3/6/2019), berikut ini adalah 5 cara ampuh agar Anda dapat terbebas dari perangkap kartu kredit.

1. Tidak gunakan kartu kredit sama sekali

Cara paling mudah menghindarkan diri dari perangkap kartu kredit adalah tidak menggunakannya sama sekali. Akan tetapi, jika Anda merasa butuh kartu kredit semisal untuk berlibur, maka Anda bisa gunakan satu saja, namun hanya untuk keperluan liburan.

Jika Anda bergantung pada kartu kredit, maka Anda harus mengidentifikasi alasan Anda membutuhkannya. Jika penghasilan Anda tak cukup untuk membayar tagihan bulanan, maka sebaiknya Anda pikirkan pekerjaan sampingan.

Jika Anda ternyata belanja berlebihan lantaran ada kartu kredit, maka sebaiknya ganti metode pembayaran dengan tunai untuk segala pengeluaran Anda.

Baca juga: 6 Kesalahan Pemakaian Kartu Kredit yang Harus Dihindari

2. Jangan bawa kartu kredit ke manapun

Anda mungkin ingin punya kartu kredit untuk situasi darurat atau membantu mengatasi arus keuangan. Jika ini adalah alasan Anda ingin memiliki kartu kredit, maka jangan bawa kartu kredit ke manapun.

Anda bisa membawanya ketika berlibur atau perjalanan lainnya, atau ketika Anda merasa bakal menghadapi situasi di mana kartu kredit akan berguna. Selain dari itu, lebih baik tinggalkan kartu kredit di rumah.

Tidak membawa kartu kredit dapat mengerem penggunaannya untuk belanja impulsif. Ini juga membantu Anda memastikan bahwa sebelum membeli barang, Anda mengetahui bahwa Anda benar-benar membutuhkannya.

Baca juga: Tips Hemat Belanja Lebaran Pakai Kartu Kredit

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X