Pria 28 Tahun Bayar Rp 65,2 Miliar untuk Makan Bareng Warren Buffett

Kompas.com - 04/06/2019, 09:03 WIB
Warren Buffett. Krista Kennell/Shutterstock.comWarren Buffett.

NEW YORK, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu dikabarkan ada seseorang yang tak disebutkan identitasnya menawar sebesar 4,57 juta dollar AS atau setara sekira Rp 65,2 miliar untuk makan siang bersama investor kawakan Warren Buffett. Kini, identitas sang penawar tersebut pun terungkap.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (4/6/2019), pria tersebut adalah pionir mata uang kripto berusia 28 tahun bernama Justin Sun. Adapun Buffett sebelumnya pernah menyebut bitcoin sebagai racun.

Sementara itu, Sun meluncurkan mata uang kripto Tronix atau lazim dikenal sebagai Tron atau token TRX pada 2017 silam. Saat ini, valuasi Tron mencapai 2,56 miliar dollar AS dan merupakan mata uang kripto terbesar ke-10 di dunia.

Baca juga: Penawar Anonim Mau Bayar Rp 65 Miliar untuk Makan Malam bareng Warren Buffett

Sun pernah menyatakan bahwa ia berharap dapat mengedukasi Buffett terkait mata uang kripto dan teknologi pendukungnya, yakni blockchain melalui kesempatan makan bareng tersebut. Adapun Buffett mengaku tak sabar bertemu Sun dan teman-temannya.

"Sangat umum terjadi di lingkaran investasi bahwa orang akan berubah pikiran. Kesempatan investasi terbaik terjadi ketika banyak orang meremehkan teknologi," ujar Sun dalam wawancara melalui sambungan telepon.

Buffett bersama mitra bisnisnya Charles Munger dikenal lantaran kritiknya terhadap mata uang kripto. Munger yang berusia 95 tahun menyebut bitcoin sebagai racun yang berbahaya.

Adapun Buffett pernah menyebut tidak ada nilai yang dihasilkan dari aset kripto. Namun, kemudian Buffett mengungkapkan bahwa teknologi blockchain penting.

Baca juga: Warren Buffett Beli Saham Amazon Sebesar Rp 13 Triliun

"Meski salah satu dari investor paling sukses pun kadang-kadang dapat melewatkan gelombang yang datang. Buffett telah mengaku bahwa ia membayar terlampau lebih untuk investasi di raksasa makanan Kraft Heinz Co, namun gagal menyadari potensi Amazon Inc, induk usaha Google, Alphabet, dan bahkan Apple," ungkap Sun.

Dana yang terkumpul dalam kegiatan lelang makan siang bareng itu akan didonasikan kepada Glide Foundation, sebuah badan amal di distrik Tenderloin San Francisco yang melayani orang miskin, tunawisma atau mereka yang memerangi penyalahgunaan narkoba.

Tercatat, Buffett telah mengumpulkan sekitar 34,2 juta dollar AS untuk Glide yang dimulai pada tahun 2000 dan pindah ke eBay pada tahun 2003.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Bloomberg
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X