Jack Ma: Semua Orang Bisa Sukses, asalkan...

Kompas.com - 05/06/2019, 19:50 WIB
CEO Alibaba Group Jack Ma (tengah) menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).  ANTARA FOTO/INASGOC/Wahyudin CEO Alibaba Group Jack Ma (tengah) menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

NEW YORK, KOMPAS.com - Siapa tidak kenal pendiri dan pimpinan Alibaba Jack Ma? Ma, yang merupakan salah satu orang terkaya di China merupakan potret sukses orang yang meniti kesuksesan dari nol.

Kisah sukses Ma pun menjadi inspirasi bagi banyak orang. Namun demikian, Ma meyakini sebenarnya semua orang bisa meraih kesukesan.

"Saya rasa semua orang bisa sukses jika Anda berusaha keras," kata Ma dalam sebuah konferensi seperti dikutip dari CNBC, Rabu (5/6/2019).

Baca juga: Jack Ma: Jadi Pengusaha Sukses Harus Terbiasa dengan Penolakan

Ma mengaku dapat mengatakan hal demikian lantaran dia merasakannya sendiri. Ma mendirikan Alibaba pada tahun 1999 di apartemennya dengan kondisi tidak mempunyai uang.

Ia juga mendirikan Alibaba dengan tim kecil yang menggunakan status kecilnya tersebut sebagai motivasi.

"Salah satu hal yang kita ingin buktikan adalah, jika Jack Ma dan timnya bisa sukses, maka 80 persen orang di dunia juga bisa sukses," terang Ma.

Ma pun memberikan tiga kunci kesuksesan yang sangat mudah diterapkan tanpa keahlian khusus.

1. Berpikir beda

"Jika orang mengkritik Anda, maka Anda harus berpikir. Saya menghabiskan sebagian besar waktu tentang masa depan, saya menghabiskan sebagian besar waktu mendengarkan keluhan," jelas Ma.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X