Liburan Usai Lebaran? Perhatikan Hal ini Saat Pilih Maskapai

Kompas.com - 06/06/2019, 06:13 WIB
Ilustrasi pesawat rebelcircus.comIlustrasi pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai lebaran, tentu tak lengkap rasanya bila belum berlibur ke berbagai tujuan wisata. Apalagi, Anda masih memiliki waktu luang sampai hari masuk kerja kembali normal.

Anda butuh beberapa persiapan liburan salah satunya memilih moda transportasi. Bagi Anda pemilih moda transportasi udara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar liburan Anda lancar dan aman.

Mohamad Andoko, seorang perencana keuangan dan CO-Founder One Shildt Financial Planning mengatakan setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Pastikan Harga Tiket Termasuk Biaya Bagasi

Bagi Andayang hendak membawa banyak barang saat liburan, sebaiknya perhatikan harga tiket sudah termasuk biaya bagasi atau belum. Sebab, tiket yang belum termasuk biaya bagasi akan memangkas keuangan Anda lebih banyak.

"Saran saya lebih baik si penumpang harus cek harga tersebut sudah termasuk bagasi atau belum. Karena seringkali orang lupa melihat harga murah tapi ternyata tidak include bagasi," kata Mohamad Andoko saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/6/2019).

"Karena hitungan biaya bagasi per kilo kalau harganya tidak termasuk harga tiket itu lumayan signufikan," katanya.

Andoko juga menyarankan, Anda perlu mengecek ulang peraturan maskapai yang Anda pilih. Saat ini, banyak maskapai yang telah menentukan berat barang bawaan untuk para penumpangnya.

2. Pastikan Harga Tiket Termasuk Biaya Makan

Selain bagasi, Anda harus memastikan harga tiket sudah termasuk makanan khususnya untuk Anda yang memilih berlibur jauh.

Andoko menyarankan lebih baik Anda memilih maskapai full service bila perjalanan liburan Anda jauh. Namun, lagi-lagi Anda harus cek kembali. Banyak maskapai full service hanya memberikan camilan selama perjalanan itu.

"Cek juga sudah termasuk makanan atau belum. Kalau jauh pilih maskapai full-service. Kadang-kadang full-service juga cuma diberikan camilan atau roti untuk beberapa perjalanan. Jadi harus cek lagi," ucap Andoko.

3. Gunakan Kartu Kredit untuk Kebutuhan Tertentu

Kartu kredit tak selalu memberikan efek negatif. Beberapa kartu kredit memberikan akses lounge untuk kenyamanan penumpang saat mengantre. Andoko pun beberapa kali menggunakan kartunya untuk akses kenyamanan tersebut.

"Satu lagi, kalau punya kartu kredit itu bisa membantu. Terutama kalau punya kartu kredit yang bisa akses ke lounge-nya sehingga enggak perlu numpuk antre," papar Andoko.

"Saya pun suka bepergian dengan pesawat. Saya sangat nyaman menggunakan kartu kredit untuk akses kenyamanan tersebut. Apalagi itu juga bisa menghindari orang-orang nakal saat antre, seperti hipnotis dan sebagainya," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X