Menhub Ajak Supir Bus AKAP Makan Bareng

Kompas.com - 07/06/2019, 05:13 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengajak makan bersama para supir bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Bus Kampung Rambutan, Kamis (6/6/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengajak makan bersama para supir bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Bus Kampung Rambutan, Kamis (6/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari kedua Lebaran rupanya dimanfaatkan Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi untuk menjalin silaturahmi dengan para pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (6/6/2019).

Hal ini dilakukan Menhub untuk mendengar aspirasi langsung para pengemudi bus. Bahkan, Budi juga mengajaknya makan bersama di sebuah rumah makan Padang yang dipilihnya untuk santap siang.

“Pengemudi bus adalah pahlawan transportasi, karena di tengah kita senang-senang di rumah mereka tetap mengemudi. Kalau mereka tidak bekerja pasti kita punya problem yang besar. Oleh karenanya saya sengaja ajak makan beberapa pengemudi untuk menangkap aspirasi mereka,” kata Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (6/6/2019).

Setelah mengajak makan dan mendengar aspirasi langsung para pengemudi bus, Budi merasa senang. Pasalnya, pengemudi bus mengaku pendapatannya meningkat pada masa angkut Lebaran.

Baca juga: Menhub Imbau Warga Wonosobo Tak Lakukan Penerbangan Balon Udara Liar Lagi

“Apa yang mereka sampaikan Alhamdulillah penghasilan mereka lumayan, dia dapat kira-kira Rp 200.000 sampai Rp 250.000 (sekali jalan). Jadi mereka dapat di atas UMR dan mereka mengatakan semuanya Alhamdulillah,” ujar Menhub.

Selain mendengar aspirasi pengemudi bus secara langsung, Budi juga memantau segala fasilitas di terminal kampung rambutan, seperti sarana bermain anak, posko kesehatan, dan loket tiket.

Lagi-lagi Budi mengaku senang karena sarana bermain anak terjaga dengan baik dan suster di posko kesehatan selalu ramah terhadap pasien.

“Lihat disini tadi ada tempat bermain anak, bagus. Suatu inovasi karena memang banyak anak-anak yang mungkin mereka jenuh berjalan mereka bisa bermain dahulu di sarana itu," ungkap Budi.

"Saya juga senang di pos kesehatan, mereka begitu care menanyakan penumpang yang sedang sakit, tensi, memberikan obat, ini suatu kerjasama yang baik antara pelayan-pelayan masyarakat dengan masyarakat itu sendiri,” sebut Menhub.



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X