Jasa Marga: Pengguna Tol Trans-Jawa Meningkat 226 Persen

Kompas.com - 08/06/2019, 06:07 WIB
Kendaraan melintasi ramai lancar di Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGAKendaraan melintasi ramai lancar di Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (7/6/2019).

CIKAMPEK, KOMPAS.com - Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Irra Susiyanti, mengatakan pengguna jalan Tol Trans-Jawa melalui Gerbang (GT) Kalikangkung Batang-Semarang meningkat sebesar 226 persen dibandingkan hari biasa.

"PT Jasamarga Semarang Batang (JSB),anak usaha Jasa Marga yang mengoperasikan Jalan Tol Batang-Semarang mencatat volume lalu lintas yang masuk ke Jawa Tengah adalah sebanyak total 79.271 kendaraan. Angka ini meningkat sangat signifikan, yaitu sebesar 226 persen dari Lalulintas Harian Rata-Rata (LHR) normal sebesar 24.352 kendaraan," kata Irra dalam keterangannya, Jumat (7/6/2019).

Irra munuturkan, jumlah kendaraan yang melintas lewat Trans-Jawa via Gerbang (GT) Kalikangkung Batang bervariasi selama masa waktu tersebut. 

Baca juga: Hindari Kemacetan saat Arus Balik, Menhub Minta Gerbang Tol Palimanan Dihilangkan

Rinciannya pada H-1 sebanyak 33.819 kendaraan atau naik 189 persen dari LHR normal 11.699 kendaraan dan H+2 sebanyak 45.452 kendaraan atau naik 259 persen dari LHR normal 12.653 kendaraan.

"Tingginya antusiasme pemudik untuk melewati Jalan Tol Trans-Jawa terlihat dari meningkatnya volume lalu lintas di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang yang merupakan GT barrier (utama) di Jawa Tengah," tuturnya.

Dia menjelaskan, pada H+1 Lebaran, lalu lintas arus balik sudah terlihat di GT Kalikangkung dengan jumlah kendaraan yang prediksi mencapai 47.644 kendaraan. Jumlah ini naik 174 persen dibandingkan LHR normal sebanyak 17.376 kendaraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, sejak pukul 14.05 WIB hari ini, rekayasa lalu lintas berupa one way telah diberlakukan mulai Km 414 GT Kalikangkung hingga Km 70 GT Cikampek Utama.

"PT JSB saat ini mengoperasikan 16 dari total 19 Gardu Operasi arah Jakarta yang ada di GT Kalikangkung yang saat ini telah memenuhi kapasitas transaksi pengguna jalan dengan maksimal," sebutnya.

Karena itu, Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan yang melakukan perjalanan jauh Jalan Tol Trans Jawa untuk memastikan kondisi pengendara dan kendaraan dalam keadaan prima, serta mengisi penuh bahan bakar kendaraan.

"Serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik dengan melakukan isi ulang (top up) sebelum memasuki jalan tol," sebutnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.