Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik Lebaran 2019, Konsumsi Avtur Naik 11,9 Persen

Kompas.com - 09/06/2019, 12:02 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus balik Lebaran 2019 yang terjadi pada Sabtu (8/6/2019). Permintaan avtur pada arus balik naik 11,9 persen dari konsumsi normal.

Kenaikan konsumsi  terutama terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Adapun Puncak arus balik diperkirakan berlanjut pada hari ini, Minggu (9/6/2019).

"Naiknya konsumsi Avtur dipicu oleh frekuensi pesawat terbang, yang menjadi salah satu pilihan pemudik," ujar Unit Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Baca juga: Mulai Bulan Ini, Indonesia Tak Impor Avtur dan Solar

Dia mengungkapkan pada puncak arus balik, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta konsumsi Avtur naik 12,6 persen dibandingkan rata-rata konsumsi harian pada kondisi normal. Hal sama juga terjadi di Bandara Halim Perdana Kusuma naik sekitar 11,8 persen.

Sementara di Bandara Husein Sastranegara Bandung, Pondok Cabe, Tangerang, dan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka konsumsi cenderung turun.

"Kami tetap menyiagakan pasokan karena hari ini arus balik masih terjadi, mengingat besok pagi masyarakat sudah kembali beraktivitas setelah cuti bersama Idul Fitri," jelas Dewi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com