Puncak Arus Balik Lebaran 2019, Konsumsi Avtur Naik 11,9 Persen

Kompas.com - 09/06/2019, 12:02 WIB
Ilustrasi pesawat mengisi avtur di bandara. KOMPAS.com/ HADI MAULANAIlustrasi pesawat mengisi avtur di bandara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus balik Lebaran 2019 yang terjadi pada Sabtu (8/6/2019). Permintaan avtur pada arus balik naik 11,9 persen dari konsumsi normal.

Kenaikan konsumsi  terutama terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Adapun Puncak arus balik diperkirakan berlanjut pada hari ini, Minggu (9/6/2019).

"Naiknya konsumsi Avtur dipicu oleh frekuensi pesawat terbang, yang menjadi salah satu pilihan pemudik," ujar Unit Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Baca juga: Mulai Bulan Ini, Indonesia Tak Impor Avtur dan Solar

Dia mengungkapkan pada puncak arus balik, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta konsumsi Avtur naik 12,6 persen dibandingkan rata-rata konsumsi harian pada kondisi normal. Hal sama juga terjadi di Bandara Halim Perdana Kusuma naik sekitar 11,8 persen.

Sementara di Bandara Husein Sastranegara Bandung, Pondok Cabe, Tangerang, dan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka konsumsi cenderung turun.

"Kami tetap menyiagakan pasokan karena hari ini arus balik masih terjadi, mengingat besok pagi masyarakat sudah kembali beraktivitas setelah cuti bersama Idul Fitri," jelas Dewi.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X