Kompas.com - 09/06/2019, 13:21 WIB
CEO Amazon Jeff Bezos pinterestCEO Amazon Jeff Bezos

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos dianggap sebagai figur sukses dalam membangun bisnis dari nol. Buah kesuksesan Bezos adalah saat ini dirinya menjadi orang terkaya di dunia.

Bezos pun tidak sungkan dalam memberikan tips bagi para pengusaha pemula agar dapat meraih kesuksesan pula.

Dilansir dari Entrepreneur, Minggu (9/6/2019), menurut Bezos ada beberapa sikap penting yang harus dimiliki seseorang agar sukses membangun bisnis. Dua sikap tersebut adalah berani mengambil risiko dan tidak takut gagal.

Baca juga: Ini 6 Orang AS Terkaya Sepanjang Masa, Jeff Bezos Nomor Berapa?

Hal tersebut diungkapkan Bezos saat menghadiri sebuah konferensi di Las Vegas, Amerika Serikat pekan lalu. Seseorang meminta saran kepada Bezos untuk mereka yang ingin memulai bisnis.

"Ambil risiko. Anda harus berani mengambil risiko. Anda harus menghadapu sesuatu yang mungkin tidak bisa bekerja dengan baik. Ini, dalam banyak hal, akan menjadi sebuah eksperimen," ujar Bezos.

Ia menuturkan, banyak eksperimen yang dilakukan pasti bakal gagal. Akan tetapi, kata dia, kegagalan adalah hal penting dalam perjalanan menuju kesuksesan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bill Gates dan Jeff Bezos Masuk Klub Eksklusif 100 Miliar Dollar AS

"Kita mengambil risiko setiap waktu, kita bicara tentang kegagalan. Kita butuh kegagalan besar. Jika tidak, kita tidak cukup berayun. Anda harus berayun dengan keras, dan Anda akan gagal, tapi itu tidak apa-apa," ujar Bezos.

Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1995 dengan hanya 10 orang pegawai. Secara perlahan namun pasti, Amazon menjadi salah satu perusahaan dengan kapitalisasi pasar tertinggi di dunia, mencapai hampir 860 miliar dollar AS.

Selain berani mengambil risiko dan tidak takut gagal, Bezos menuturkan bahwa pengusaha juga harus memiliki semangat yang tinggi. Sebab, Anda akan bersaing dengan orang yang amat bersemangat.

"Di atas segalanya, para pengusaha juga harus terobsesi dengan konsumen. Jangan memuaskan mereka, tapi tentu saja bahagiakan mereka," tutur Bezos.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.