Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hari, 167.000 Kendaraan Kembali ke Jakarta via Cikampek Utama

Kompas.com - 09/06/2019, 19:11 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tanggal 7-8 Juni 2019, terpantau total 167.693 kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah ini naik 213,97 persen dari Lalulintas Harian (LHR) normal sebesar 53.410 kendaraan.

Sebagai rincian lalin pada Sabtu (8/6/2019) Jasa Marga mencatat 93.845 kendaraan menuju Jakarta melalui GT Cikampek Utama. Angka tersebut naik sekitar 251 persen dari Lalulintas Harian (LHR) normal sebesar 26.705 kendaraan.

Sementara, peningkatan lalu lintas arus balik masih akan terjadi pada hari ini, Minggu (9/6/2019) yang diprediksi mencapai 82.810 kendaraan akan melintasi GT Cikampek Utama menuju Jakarta. Angka tersebut naik 210 persen dari LHR normal 26.705 kendaraan.

Baca juga: Rest Area Tol Cikampek Batal Ditutup Secara Penuh, Ini Gantinya

Pada hari ini rekayasa lalu lintas one way telah diberlakukan dari KM 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang Semarang hingga KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek  sejak pukul 08.25 WIB. Selain itu untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan, Jasa Marga menambah jumlah petugas di lapangan untuk membantu mengarahkan pengguna jalan terutama menjelang titik rekayasa lalu lintas.

"Diimbau kepada pengguna jalan yang menggunakan jalurone way agar terus memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik Anda," terang Corporate Communication Departement Head Jasa Marga Irra Susiyanti dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Rest Area di Tol Cikampek Tutup, Ini Lokasi untuk Isi BBM

Jasa Marga dan Kepolisian juga melakukan sejumlah pengaturan rest area seperti buka tutup rest area yang berpotensi menimbulkan kepadatan di lajur, termasuk menindak tegas pengguna jalan yang berhenti di luar rest area/bahu jalan untuk beristirahat.

"Diimbau kepada pengguna jalan yang akan menggunakan jalur one way agar terus memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan," ujar Ira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com