Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Anda harus Bertahan di Tempat Kerja Jika Tak Dipromosikan?

Kompas.com - 11/06/2019, 11:32 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemajuan karir merupakan faktor utama dalam kepuasan karyawan. Dan sementara promosi harus diperoleh, karyawan tidak boleh berlama-lama di perusahaan jika mereka tidak menaiki tangga karier dengan cukup cepat.

Menurut CEO ZipRecruiter Ian Siegel, karyawan awal karir harus bertujuan untuk mendapatkan promosi sekitar setiap tiga tahun.

"Jika Anda tidak naik setelah tiga tahun, ada masalah," katanya melansir CNN, Selasa (11/6/2019).

Perubahan cenderung melambat seiring kemajuan karier Anda, tetapi Anda harus terus mengambil tanggung jawab tambahan dan menumbuhkan keahlian.

Baca: Tak Kunjung Mendapat Promosi Jabatan? Mungkin Ini Penyebabnya

"Tanyakan apa yang Anda inginkan dan negosiasikan untuk apa yang Anda inginkan," kata Kathy Caprino, seorang pelatih karier dan eksekutif. "Kurasa itu tidak bagus jika jabatanmu tidak berubah selama tujuh tahun."

Pastikan Anda benar-benar siap

Selain itu, pastikan Anda benar-benar siap untuk promosi. Jangan biarkan ego menjadi satu-satunya alasan Anda menginginkan promosi.

Pastikan untuk memahami tanggung jawab dan harapan tambahan yang akan datang dengan pekerjaan itu jika Anda dipromosikan.

"Saya sudah memiliki banyak orang yang berpikir mereka harus dipromosikan dan ingin dipromosikan dan kemudian mereka dipromosikan, biasanya menjadi posisi manajerial, dan kemudian berkata, 'untuk apa saya menginginkan ini?'" Kata Peggy Klaus, penulis "Brag! Seni Membunyikan Klakson Sendiri Tanpa Mengalahkannya".

Kecepatan Promosi

Selain menghilangkan ego, Anda juga harus tahu bagaimana struktur perusahaan menentukan kecepatan promosi.

Beberapa perusahaan memiliki banyak posisi dan jabatan, membuat promosi menjadi hal yang biasa. Bisnis lain lebih datar dan memiliki lebih sedikit lapisan manajemen, dan karena itu lebih sedikit posisi yang ingin dicapai.

"Setiap organisasi adalah sistem yang hidup dan bernafas, dengan aturan dan prosesnya sendiri yang mengatur bagaimana fungsinya dan operasinya," kata Caprino.

"Tanyakan kepada mereka yang telah bekerja di sana selama bertahun-tahun dan telah berhasil membagikan kepada Anda aturan yang tak terucapkan, serta pedoman yang dinyatakan."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com