Didukung Terminal LCC, Pertumbuhan Pasar Penerbangan Murah Diprediksi Tumbuh

Kompas.com - 11/06/2019, 16:19 WIB
Terminal LCC Bandara Soekarno Hatta. Dokumentasi Angkasa Pura IITerminal LCC Bandara Soekarno Hatta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, penerbangan maskapai berbiaya rendah atau low-cost carrier (LCC), khususnya untuk penerbangan internasional, akan semakin bergairah ke depannya.

Hal ini terlihat dari tingginya peminat segmen LCC rute internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta tahun ini. Sepanjang Januari-Mei 2019, jumlah penumpang mencapai 1,7 juta penumpang atau naik sekitar 2,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Secara tahun kalender dari 1 Januari hingga 9 Juni 2019, jumlah penumpang LCC rute internasional tercatat 1,8 juta orang dan mengalami kenaikan 2,27 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Terminal LCC Bakal Turunkan Biaya Layanan Maskapai

Melihat penerbangan di segmen LCC masih direspons positif oleh pasar, sejak 1 Mei 2019, AP II mengoperasikan international low-cost carrier terminal (LCCT) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Terminal ini ditujukan untuk lebih mendorong pertumbuhan segmen LCC.

"Melalui International LCC Terminal 2F kami optimistis Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat semakin menggairahkan pasar penerbangan di segmen LCC, dan secara langsung dapat membantu industri pariwisata nasional,” ujar Awaluddin dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6/2019).

International LCCT di Soekarno-Hatta yang berada di Terminal 2F khusus melayani penerbangan rute internasional. Selama beroperasi dari 1 hingga 31 Mei 2019, jumlah penumpang di International LCC Terminal 2F mencapai 277.666 orang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menhub Minta Maskapai LCC Turunkan Harga Tiket Pesawatnya

Angkanya naik 1,53 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, di mana operasional maskapai LCC masih terpencar di beberapa terminal.

"Kami bergerak cepat untuk meraih potensi pasar yang terus tumbuh ini dengan mengoperasikan International LCC Terminal 2F sekaligus menandakan ini adalah LCCT pertama di Indonesia," kata Awaluddin.

International LCC Terminal 2F saat ini melayani penerbangan rute internasional dari AirAsia Group, Cebu Pacific, Citilink, Lion Air Group dan JetStar Asia. Adapun pada 1 Juli 2019, Tiger Scoot juga akan menyusul pindah ke terminal itu.

Baca juga: Ada Terminal Khusus LCC di Soetta, Fasilitas Akan Dikurangi?

Pada periode Angkutan Lebaran 2019, jumlah penumpang di International LCC Terminal 2F juga mengalami lonjakan hingga 10.000-12.000 orang per hari, dibandingkan dengan kondisi normal yakni sekitar 7.000-8.000 orang per hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X