BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

Trik Atur Keuangan Biar Enggak "Tekor" Tengah Bulan

Kompas.com - 12/06/2019, 17:22 WIB
ilustrasi kondisi keuangan sedang kacau Shutterstockilustrasi kondisi keuangan sedang kacau

KOMPAS.com – Baru tengah bulan, namun Sinta sudah kelimpungan dengan keuangannya yang berantakan. Saldo pada rekening hampir habis, padahal masih banyak kebutuhan yang harus ia penuhi.

Kondisi tersebut makin mengkhawatirkan karena ia tak memiliki dana darurat, bahkan tabungan.

Bukan karena upahnya kecil, melainkan Sinta menyimpan seluruh uangnya hanya dalam satu rekening bank.

Padahal, memisahkan rekening penerimaan gaji dengan rekening pribadi atau bahkan memiliki banyak rekening diperlukan dalam mengatur keuangan.

Dilansir dari Kontan.co.id, Jumat (15/9/2017), memiliki lebih dari satu rekening dapat berimplikasi pada penempatan-penempatan keuangan yang lebih terarah dan terorganisir.

Namun sayang Sinta tidak melakukannya. Alhasil, uang yang ada di rekeningnya tersebut sering terpakai begitu saja untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu ia butuhkan.

“Iya, kadang enggak sadar uangnya terpakai buat belanja, padahal sebenarnya enggak butuh-butuh amat dan itu dana untuk tabungan,” aku Sinta.

Ia juga menambahkan, jika sudah begitu, uang yang seharusnya dialokasikan sebagai tabungan malah terpakai begitu saja.

Niat menabung

Sebenarnya Sinta sudah lama ingin membuka rekening baru untuk tujuan menabung, namun enggan lantaran prosesnya yang 'ribet'.

Keribetan tersebut bukan hanya soal prosedur administrasi yang diterapkan oleh pihak bank, melainkan juga usaha untuk mencapai lokasi bank.

ilustrasi mengatur keuangan Shutterstock ilustrasi mengatur keuangan
Memang, beberapa bank di Indonesia telah memberikan kemudahan bagi para calon nasabahnya dengan mendirikan kantor cabang di mana-mana.

Kendati demikian, tetap saja calon nasabah masih perlu menempuh jarak dan waktu untuk menuju ke lokasi tersebut.

Belum lagi masalah antrian yang kadang mengular, hingga kendala jam operasional yang tak jarang bentrok dengan jadwal aktivitas sehari-hari.

Hal-hal tersebutlah yang kadang menjadi penghalang Sinta atau bahkan sebagian orang pergi ke bank, padahal niat mereka membuka rekening adalah untuk menabung.

Dibikin simpel

Beruntung sekarang teknologi smartphone sudah semakin canggih. Segala sesuatu bisa dilakukan hanya lewat genggaman, termasuk untuk urusan pembukaan rekening tabungan sekali pun.

Saat ini, beberapa bank di Indonesia telah menyediakan fitur fasilitas pembukaan rekening online pada aplikasi mobile banking (m-banking). Salah satunya, PT Bank Central Asia ( BCA) lewat aplikasi BCA Mobile.

ilustrasi membuka rekening onlineShutterstock ilustrasi membuka rekening online

Fitur layanan pembukaan rekening online tersebut diharapkan dapat menjadi solusi bagi para calon nasabah, khususnya para milenial yang ingin serba praktis

Calon nasabah tidak perlu repot-repot ke kantor cabang hanya untuk membuka rekening baru. Cukup siapkan smartphone dan unduh aplikasi BCA Mobile, serta beberapa dokumen pendukung seperti e-KTP, NPWP, dan tanda tangan.

Sekadar informasi, untuk dapat melakukan pembukaan rekening online ini, nomor ponsel yang digunakan haruslah nomor yang belum terkoneksi dengan BCA Mobile.

Prosedurnya pun dibikin simpel. Buka aplikasi BCA Mobile, lalu pilih menu Buka Rekening Baru. Di tahap ini calon nasabah akan diarahkan untuk memilih salah satu jenis rekening yang tersedia.

Ada tiga pilihan rekening yang tersedia, yaitu Tahapan, Tahapan Gold dan Tahapan Xpresi. Masing-masing rekening memiliki kelebihannya sendiri.

Setelah itu, calon nasabah diminta memilih di kantor cabang mana rekening akan didaftarkan. Ini diperlukan jika suatu hari nasabah membutuhkan kartu ATM fisik.

Proses selanjutnya, calon nasabah diminta mengisi formulir pembuatan rekening yang dilanjutkan dengan mengunggah beberapa dokumen pendukung.

Setelah dokumen pendukung tersebut diunggah, berikutnya calon nasabah wajib mengisi kelengkapan data diri mulai dari nama ibu kandung sampai dengan nomor telepon kantor pada formulir data diri digital yang telah tersedia.

Jika semua data tersebut sudah terisi, maka calon nasabah tinggal menunggu sampai customer service (CS) BCA melayani verifikasi data secara online melalui video call.

Saat membuka rekening, baik offline maupun online, melakukan setoran awal merupakan salah satu prosedur mutlak. Itulah yang akan terjadi pada proses selanjutnya.

Calon nasabah akan diminta untuk menyetor dana awal ke rekening barunya tadi. Cara penyetoran bisa dilakukan via Anjungan Tunai Mandiri (ATM) maupun transfer.

Untuk setoran awal, nasabah bisa melakukannya via transfer BCA atau dari bank lain. Bisa juga lewat ATM Setor Tunai BCA.

Kartu ATM digital

Selain menyediakan layanan pembukaan rekening online, aplikasi BCA Mobile ini ternyata juga dapat berfungsi sebagai kartu ATM digital.

Jadi, ketika lupa membawa dompet, nasabah tetap bisa melakukan transaksi tarik ataupun setor tunai di ATM tanpa perlu menggunakan kartu ATM.

Namun, jika kartu ATM diperlukan, nasabah bisa mendapatkannya satu hari kerja setelah pembukaan rekening di kantor cabang yang sudah dipilih pada menu awal. Syaratnya cukup dengan membawa e-KTP.

Nah, kalau semua sudah #dibikinsimpel seperti itu, membuka rekening tabungan demi kondisi finansial yang lebih baik tak lagi sulit, bukan?

Untuk informasi mengenai prosedurnya, silakan cek di sini ya!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya