Kompas.com - 12/06/2019, 20:58 WIB
Menteri KKP Susi Pudjiastuti Dokumentasi KKPMenteri KKP Susi Pudjiastuti

JAKARTA, KOMPAS.com - Laporan keuangan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akhirnya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk laporan keuangan tahun 2018.

Padahal pada 2 tahun sebelumya, Kementerian yang dipimpin oleh Menteri Susi Pudjiastuti itu terus menerus mendapatkan opini disclaimer atau Tidak Menyatakan Pendapat (TMP).

Melihat rekam jejak itu, menteri nyentrik asal Pangandaran, Jawa Barat itu memberikan pengakuan sebelum hasil audit BPK 2018 keluar.

Baca juga: Laporan Keuangan KKP Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK

“Saya rasa seluruh kementerian, baik eselon 1, 2, 3, dan staf itu setahun ini dag-dig-dug terus Pak semuanya," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

"Saya bilang, ya kalian yang melaksanakan program-program pemerintah ya bagaimana kok bisa disclaimer. Pasti ada yang salah," sambung dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Susi mengakui terus menerus "menekan" jajaran KKP agar memperbaiki pengunaan anggaran tahun lalu 2018. Akhirnya, kata dia, hal itu terbukti.

"Terbukti, hasilnya pun dapat dirasakan tahun ini (meraih WTP),” kata dia.

Baca juga: Susi Pudjiastuti Siap Jadi Menteri Lagi

Menteri Susi menyatakan bahwa capaian itu tak lepas dari upaya KKP untuk terus melakukan efisiensi anggaran dalam empat tahun terakhir.

Hasilnya, dalam empat tahun terakhir KKP dapat mengembalikan Rp 9,3 triliun kepada negara.

Meski begitu, Susi mengakui masih banyak PR yang harus dilakukan dalam efisiensi dan efektivitas anggaran. Ia memastikan KKP akan terus mengupayakan hal itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.