Simak, 5 Saran Terbaik Menggunakan Gaji Anda

Kompas.com - 13/06/2019, 11:57 WIB
Ilustrasi gaji Thinkstockphotos.comIlustrasi gaji

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang kesulitan mengontrol pengeluaran saat mendapatkan gaji atas pekerjaannya. Akibatnya, isi dompet sudah menipis saat masih tanggal muda.

Memang begitu banyak yang harus dilakukan, begitu banyak kebutuhan dan keinginan, dan oleh karena itu kebijaksanaan perlu dilakukan untuk mengamankan masa depan Anda.

Jika Anda memerlukan saran keuangan tentang cara terbaik menggunakan gaji Anda, berikut saran dari CEO BankBazzar Adhil Shetty seperti dikutip dari Etnownews.com, Kamis (13/6/2019).

1. Mulailah dengan penganggaran bulanan dan patuhi itu

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat anggaran yang memberitahu Anda berapa banyak uang yang harus disimpan, investasikan, dan belanjakan. 

Seni membelanjakan uang dengan baik bersama tabungan dan investasi yang efektif akan membantu Anda dalam memenuhi tujuan keuangan penting hidup Anda.

Ketika gajian, buatlah daftar pengeluaran rutin dan diskresi Anda, dan sisipkan sejumlah uang untuk menabung dan berinvestasi. Teruskan, teguh, dan Anda harus segera melihat hasil pengabdian Anda.

Baca juga: Ingin Hidup di Kota dengan Gaji Tertinggi di Dunia? Simak 10 Kota Berikut

2. Simpan dan investasikan

Menabung dan berinvestasi akan mengamankan masa depan keuangan Anda. Adhil menyarankan
sebaiknya mengalokasikan setidaknya 20 persen dari pendapatan Anda untuk tabungan dan investasi.

Hal ini dinilai pentung agar uang simpanan Anda tumbuh secara efektif, pilih produk investasi sesuai usia, profil risiko, dan sasaran keuangan Anda.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X