Penggunaan Biodiesel B30 Bisa Hemat Impor Solar Rp 70 Triliun

Kompas.com - 13/06/2019, 16:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan, penerapan biodiesel 30 persen (B30) bisa mengurangi impor solar sebesar Rp 70 triliun.

“Kalau 8 sampai 9 juta KL (kilo liter) sekitar Rp 70 triliunan dengan sekarang berarti 6 miliar dollar AS,” ujar Dadan di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Dadan optimis penerapan B30 bisa dilakukan pada 2020. Saat ini pemerintah telah melakukan uji coba penerapan B30 tersebut.

“Memang dimulainya  Januari 2020 untuk B30, jadi memang kita ingin mengejar supaya kami sudah bisa memberikan rekomendasi disekitar itu. Saya di sini memastikan uji coba beres di Oktober, nanti kita lihat,” kata Dadan.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) MP Tumanggor menambahkan, kapasitas terpasang industri yang mengolah fatty acid methyl ester (FAME) sebesar 12 juta KL.

“Sekarang industri terpasang yang memproses FAME lebih kurang 12 juta KL, dari 19 pabrik. Sekarang ekspor 1,5 juta, dalam negeri 6 juta, masih bisa kira-kira 5 juta KL lagi," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.