QRIM Express Manfaatkan Tol Trans Jawa untuk Tekan Biaya

Kompas.com - 13/06/2019, 17:37 WIB
CEO QRIM Express Abdul Rahim Tahir (tengah) bersama COO QRIM Express Widiatmoko (kanan) dan CSO QRIM Express Tetsushi Kuroda (kiri) di Jakarta, Kamis (13/62019)Kompas.com/YOGA SUKMANA CEO QRIM Express Abdul Rahim Tahir (tengah) bersama COO QRIM Express Widiatmoko (kanan) dan CSO QRIM Express Tetsushi Kuroda (kiri) di Jakarta, Kamis (13/62019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahalnya harga pengiriman logistik menggunakan pesawat menjadi pekerjaan rumah bagi banyak perusahaan logistik, termasuk QRIM Express.

Berbagai cara pun dicoba untuk menyiasati hal tersebut agat tidak ikut membebani perusahaan dan tentunya konsumen.

CEO QRIM Express Abdul Rahim mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan investasi infrastruktur pemerintah di Pulau Jawa.

"Pembangunan yang baik itu juga membantu meredakan cost logistik," ujarnya di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Dengan infrastruktur jalan yang baik, maka pengiriman barang bisa dilakukan menggunakan mobil, tidak perlu menggunakan pesawat.

Namun hal itu tidak bisa dilakukan untuk pengiriaman barang ke luar Pukau Jawa. Pesawat masih menjadi pilihan utama pengiriman barang ke luar Pulau Jawa.

Namun lantaran biaya angkut yang mahal, QRIM Express melakukan berbagai strategi.

"Jadi strategi yang coba kami lakukan adalah kalau kami kirim dari Jawa ke luar pulau itu kalau satu satu itu mahal. Jadi kami coba lakukan solusi itu digabungkan terlebih dahulu barangnya lalu dikirimkan," kata COO QRIM Express Widiatmoko.

Menurut dia, strategi ini mampu menekan biaya logistik hingga 20 persen jika dibandingkan harus mengirim barang secara langsung dari Jakarta ke luar pulau.

Kedua, QRIM Express juga sedang menjajaki kerjasama untuk memanfaatkan tol laut. Pengiriman menggunakan kapal dinilai akan menjadi satu opsi solusi untuk menyiasati mahalnya biaya kargo pesawat.

"Dimana kecepatanya juga sudah mulai membaik ya. Ini merupakan opsi bagi para customer kami dalam hal menyiasati biaya pengiriman," kata dia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X