Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

QRIM Express Manfaatkan Tol Trans Jawa untuk Tekan Biaya

Kompas.com - 13/06/2019, 17:37 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahalnya harga pengiriman logistik menggunakan pesawat menjadi pekerjaan rumah bagi banyak perusahaan logistik, termasuk QRIM Express.

Berbagai cara pun dicoba untuk menyiasati hal tersebut agat tidak ikut membebani perusahaan dan tentunya konsumen.

CEO QRIM Express Abdul Rahim mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan investasi infrastruktur pemerintah di Pulau Jawa.

"Pembangunan yang baik itu juga membantu meredakan cost logistik," ujarnya di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Dengan infrastruktur jalan yang baik, maka pengiriman barang bisa dilakukan menggunakan mobil, tidak perlu menggunakan pesawat.

Namun hal itu tidak bisa dilakukan untuk pengiriaman barang ke luar Pukau Jawa. Pesawat masih menjadi pilihan utama pengiriman barang ke luar Pulau Jawa.

Namun lantaran biaya angkut yang mahal, QRIM Express melakukan berbagai strategi.

"Jadi strategi yang coba kami lakukan adalah kalau kami kirim dari Jawa ke luar pulau itu kalau satu satu itu mahal. Jadi kami coba lakukan solusi itu digabungkan terlebih dahulu barangnya lalu dikirimkan," kata COO QRIM Express Widiatmoko.

Menurut dia, strategi ini mampu menekan biaya logistik hingga 20 persen jika dibandingkan harus mengirim barang secara langsung dari Jakarta ke luar pulau.

Kedua, QRIM Express juga sedang menjajaki kerjasama untuk memanfaatkan tol laut. Pengiriman menggunakan kapal dinilai akan menjadi satu opsi solusi untuk menyiasati mahalnya biaya kargo pesawat.

"Dimana kecepatanya juga sudah mulai membaik ya. Ini merupakan opsi bagi para customer kami dalam hal menyiasati biaya pengiriman," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com