Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Meroket, Venezuela Terbitkan Uang Kertas Pecahan Besar

Kompas.com - 14/06/2019, 06:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

CARACAS, KOMPAS.com - Bank sentral Venezuela dikabarkan telah menerbitkan dan mengedarkan uang kertas pecahan baru. Ini adalah kedua kalinya bank sentral merilis uang baru dalam kurang dari setahun.

Dilansir dari The Guardian, Jumat (14/6/2019), langkah ini dilakukan setelah hiperinflasi mengikis dampak perbaikan moneter yang dilakukan pada Agustus 2018 lalu, yang dimaksudkan untuk memperbaiki ketersediaan uang tunai.

Pada tahun lalu, Presiden Venezuela Nicolas Maduro menghilangkan 5 angka nol pada uang dan harga-harga. Langkah itu bertujuan agar meredakan kondisi kekurangan uang tunai, yang menyebabkan sebagian besar transaksi perekonomian menggunakan kartu debit dan kredit.

Tidak hanya itu, sistem barter dan transaksi menggunakan mata uang dollar AS menjadi lazim di Venezuela.

Baca juga: Inflasi Venezuela Sepanjang 2018 Dilaporkan Capai 1,7 Juta Persen

Adapun uang kertas pecahan 10.000, 20.000, dan 50.000 bolivar mulai diedarkan pada Kamis (13/6/2019) waktu setempat. Bank sentral menyatakan upaya ini dilakukan guna membuat sistem pembayaran lebih efisien dan memfasilitasi transaksi komersial.

Akan tetapi, nilai terbesar uang kertas yang diedarkan, yakni 50.000 bolivar hanya setara 8 dollar AS atau sekira Rp 114.240. Namun, angka ini lebih tinggi dari upah minimum per bulan warga Venezuela, yakni 40.000 bolivar.

Kongres Venezuela menyebut inflasi Mei 2019 dapat menyentuh 815.000 persen. Sebelumnya, inflasi Venezuela telah mencapai puncaknya untuk tahun ini, yaitu 1,7 juta persen.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com