Tak Setuju dengan Atasan, Ini 5 Cara Menyampaikannya

Kompas.com - 14/06/2019, 11:22 WIB
Ilustrasi imtmphotoIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua atasan menghargai karyawan yang berani mengungkapkan pandangan yang bertentangan, khususnya dalam budaya yang lebih konservatif seperti di Asia.

Tidak masalah untuk tidak setuju dengan atasan Anda. Pun dia mungkin menghargai perspektif yang berbeda, selama Anda melakukannya untuk alasan yang benar dan dengan cara yang benar.

Baca juga: Bolehkah Karyawan Mengirim Pesan kepada Atasan?

Setidaknya ada 5 cara sederhana namun sangat efektif untuk tidak setuju dengan atasan Anda dengan segala argumentasi mengutip JobStreet, Jumat (14/6/2019). 

 1. Berikan alasan konstruktif atau membangun

Jangan hanya tidak setuju karena memang tidak setuju. Beri pandangan Anda dengan fakta yang relevan dan tawarkan solusi yang layak untuk masalah tersebut.

Kritis tanpa menawarkan saran yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah hanya akan mengganggu atasan Anda. Pastikan Anda memiliki sesuatu yang konstruktif untuk disumbangkan dan atasan Anda akan mempertimbangkan pandangan itu.

2. Fokus pada gambaran besar

Untuk memastikan pandangan Anda relevan, tanyakan pada diri sendiri apakah melihat situasi dari perspektif perusahaan. Apakah ide Anda membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan lebih efisien?

Apakah pandangan Anda selaras dengan kepentingan terbaik untuk perusahaan?

Tidak setuju hanya karena Anda tidak setuju secara pribadi dengan sudut pandang atasan Anda, tidak menjadikannya alasan yang baik dan relevan dan mungkin akan memperparah hubungan dengan atasan Anda.

Baca juga: Ini Cara agar Atasan Lebih Terkesan dengan Anda

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X