Pasca Banjir Bandang, Mentan Jamin Pulihkan Pertanian dan Peternakan di Konawe Utara

Kompas.com - 14/06/2019, 13:30 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (memegang bendera) melepas bantuan untuk Korban Banjir Badang di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Kamis (13/6/2019).Dok. Humas Kementerian Pertanian RI Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (memegang bendera) melepas bantuan untuk Korban Banjir Badang di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Kamis (13/6/2019).


KOMPAS.com
- Menteri Pertanian ( Mentan) Amran Sulaiman menjamin akan membangun kembali lahan pertanian dan peternakan warga korban banjir Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). 

Kepastian tersebut Mentan sampaikan saat mengunjungi lokasi bencana banjir bandang di Konawe Utara, Kamis (14/6/2019). Tak hanya itu, ia memastikan  Kementan berhasil menghimpuan dana bantuan Rp 12 miliar untuk korban banjir dan menjamin bantuan akan terdistribusi dengan baik dan tepat sasaran.

"Dari 10.000 hektar sawah di sini, ada 600 ha yang tenggelam. Insya Allah 600 ha ini akan kami bangun lagi dengan bantuan traktor roda dua dan roda empat, serta berikan bibit dan pupuk gratis,” ujar Amran.

Amran pun berjanji, setelah air surut tim khusus akan langsung bergerak cepat membangun sawah dan lahan pertanian yang terkena dampak banjir bandang,

“Kami meminta tim Kementerian Pertanian (Kementan) dan daerah bergerak cepat karena alat mesin, bibit dan pupuk telah tiba di Kendari,” tegas Mentan seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (14/6/2019).

Baca juga5 Fakta Banjir Bandang di Konawe Utara, Evakuasi Ribuan Warga Terisolir hingga Tanggap Darurat 14 Hari

Begitupula dengan ternak yang terkena dampak atau bahkan hanyut terbawa arus banjir. Ia berjanji akan mengganti ternak tersebut, meski sebelum bencana banjir sudah kementan bantu 46.000 ekor ayam,dan kambing.

"Nanti akan kami tambah lagi bantuan ayam dan kambing, “ tutur Amran.

Lebih lanjut, Amran mengatakan, meskipun kondisi pertanian di Sulawesi Tenggara sedang terdampak bencana, ia meminta masyarakat tidak khawatir dan senantiasa menjaga kesehatan.

Sebab, saat ini pangan, air bersih, obat-obatan, listrik dan kebutuhan lainnya sudah mulai masuk dan tersedia.

Sebagai informasi, Mentan Amran Sulaiman datang ke lokasi bencana di Konawe Utara menggunakan helikopter. Ia ke sana didampingi Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, Komandan Korem 143/HO Kendari Kolonel Infantri Yustinus Nono Yulianto 

Baca jugaBNPB: 5.111 Korban Banjir Konawe Utara Masih Mengungsi

Helikopter Amran dan rombongan mendarat di Kantor Bupati Konawe Utara dan langsung disambut Bupati Konawe Utara Ruksamin

Setelah mendarat, Amran dan rombongan langsung meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir di Kecamatan Asera, Desa Wanggudu Raya.

Selama kunjungan Amran dengan seksama mendengarkan keluhan warga yang mengungsi di sepanjang Jalan Poros.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X