Menhub: Angka Kecelakaan Saat Mudik Lebaran 2019 Turun 70 Persen

Kompas.com - 14/06/2019, 14:32 WIB
Kondisi lalu lintas di kilometer 47 Tol Jakarta-Cikampek saat arus mudik Lebaran, Selasa (4/6/2019). KOMPAS.com/FARIDA FARHANKondisi lalu lintas di kilometer 47 Tol Jakarta-Cikampek saat arus mudik Lebaran, Selasa (4/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim angka kecelakaan lalu lintas saat musim mudik Lebaran 2019 turun drastis ketimbang tahun lalu.

Pada tahun lalu, terdapat 2.234 kejadian kecelakaan terjadi saat musim mudik dan arus balik lebaran. Di tahun ini, berdasarkan data Kementerian Perhubungan angka itu menurun sebesar 75 persen menjadi 563 kejadian.

“Alhamdulillah safety ada penurunan signifikan berkaitan kecelakaan yang turun lebih dari 70 persen,” ujar Budi di Kemenhub, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Turunnya angka kecelakaan tersebut juga dibarengi dengan jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan. Tahun ini jumlah korban meninggal dunia turun 74 persen menjadi 137 jiwa.

Pada tahun lalu, tercatat ada sebanyak 528 orang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas dalam periode Lebaran.

“Kerugian materiil yang tahun lalu mencapai Rp 6.162.219.142, kini hanya Rp 1.726.550.700 atau turun 72 persen,” ucap dia.

Namun, Budi mempunyai catatan tersendiri untuk musim mudik lebaran tahun ini. Dia menyoroti mengenai masih adanya kemacetan lalu lintas saat arus balik lebaran.

“Saat arus balik ada kekurangan yang harus kita evaluasi, tercatat di Cikampek. kami sudah diskusi internal dengan DPR juga. Kami akan masifkan angkutan massal karena infrastruktur yang sudah ada bisa dilengkapi dengan angkutan massal yang menjamin safety," kata dia.

Sebelumnya, menurut pengamat transportasi Universitas Soegijapranata Djoko Setijowarno, penurunan angka kecelakaan tidak terlepas dari kemacetan yang terjadi.

"Tahun lalu juga sudah turun dibanding tahun sebelumnya. Namun tahun ini, berdasar data terkini dari Korlantas Polri, ada penurunan 63 persen. Sementara dari kacamata pemudik, merasakan lamanya waktu perjalanan," kata Djoko kepada Kompas.com, Rabu (12/6/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X