8 Jurus Berinvestasi Dana Pensiun dengan Dana Minim

Kompas.com - 15/06/2019, 09:50 WIB
Ilustrasi investasi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi investasi.

KOMPAS.com - Bila berumur panjang, semua orang pasti akan merasakan masa-masa tua. Itulah penyebab utama beberapa orang mulai berinvestasi untuk mempersiapkan diri menghadapi masa tua tersebut.

Jika Anda sudah mulai berinvestasi untuk dana pensiun, tentu Anda merupakan salah satu orang yang bijak. Ini akan memudahkan Anda nantinya saat memasuki usia non produktif, sudah tidak bekerja lagi, dan hanya duduk manis menikmati pemandangan alam sekitar.

Namun, seringnya ada beberapa kendala saat Anda akan memulai investasi yang satu ini. Salah satunya adalah penghasilan yang relatif sedikit dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tak perlu berkecil hati, investasi tak harus buat mereka yang punya banyak uang. Berikut delapan jurus berinvestasi dana pensiun dengan dana minim yang bisa Anda lakukan sebagaimana dikutip dari Cermati.com.

1. Mulai Saja Walau Hanya Punya Uang Rp10.000

Jika belum sanggup berinvestasi dalam jumlah besar, ratusan ribu hingga jutaan rupiah, Anda bisa menyisihkan uang walau hanya sebesar Rp10 ribu saja setiap bulannya.

Sebab sekarang ini, di era teknologi, sudah banyak platform investasi yang menawarkan dana yang bisa diinvestasikan hanya Rp10.000 saja. Walau kecil, bila rutin menginvestasikan dana Anda, lama-lama pasti akan menuai hasil yang memuaskan untuk mada tua nanti.

2. Sadar akan Pentingnya Investasi Dana Pensiun

Jika Anda merasa masih kesulitan untuk menyisihkan sedikit uang Anda untuk investasi, coba Anda cari permasalahannya. Kemungkinan besar Anda belum memahami betul pentingnya berinvestasi.

Anda bisa memperkaya diri dengan pengetahuan seputar pentingnya investasi dan investasi-investasi apa saja yang bisa dipilihan. Dengan mengetahui dasar tentang investasi, Anda pun bisa memilih investasi dengan tepat.

Bila masih terasa sulit juga untuk menyisihkan dana buat investasi dana pensiun, cobalah untuk menerapkan disiplin pada diri. Bikin atau terapkan punishment pada diri bila tidak mampu menyisihkan uang buat investasi dana pensiun.

3. Pilih Investasi yang Dipahami

Ada banyak instrumen investasi yang bisa jadi pilihan di luar sana. Anda bisa mempelajari instrumen-instrumen investasi tersebut dan memahaminya.

Sehingga Anda bisa memilih instrumen investasi yang sekiranya cocok dengan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menentukan pilihan investasi yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda tersebut.

Dengan memahami instrumen investasi, kemungkinan besar Anda tidak salah pilih investasi yang diambil. Sehingga Anda paham apa yang harus dilakukan dan bisa meraup keuntungan seperti yang diharapkan untuk masa pensiun nanti.

4. Jadikan Kebiasaan dan Rutinitas Wajib

Kebiasaan berinvestasi akan sangat bermanfaat untuk Anda nantinya. Jadi jangan ragu untuk menjadikannya rutinitas wajib setiap bulannya.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X