Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah dan Komisi XI DPR Sepakati Asumsi Makro RAPBN 2020

Kompas.com - 17/06/2019, 20:10 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyepakati asumsi makro untuk Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro bersama dengan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hadir dalam rapat kerja asumsi makro RAPBN 2019 tersebut.

Asumsi makro diputuskan berdasarkan pandangan masing-masing fraksi setelah melakukan rapat kerja dengan pemerintah.

"Jadi kita sudah memutuskan kisaran daripada asumsi makro. Jadi ini kita setuju yah," ujar Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Marcus Mekeng yang kemudian memukul palu ke meja sebagai simbol keputusan disepakati, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/6/2019). 

Asumsi maskro untuk RAPBN 2020 disepakati pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen hingga 5,5 persen, inflasi diperkirakan berada di kisaran 2 persen hingga 4 persen. 

Kemudian tingkat bunga SPN 3 bulan disepakati sebesar 5 persen hingga 5,3 persen dan nilai tukar Rupiah menjadi Rp 14.000- Rp14.500  per dollar AS. 

Sebagai catatan, asumsi makro tersebut telah berubah dari yang diajukan pemerintah dalam Rapat Paripurna. Sebelumnya pertumbuhan ekonomi ditargetkan dikisaran 5,3 persen hingga 5,6 persen pada tahun depan dan tingkat bunga SPN 3 bulan berada di 5 persen hingga 5,6 persen.

Sedangkan untuk target pembangunan tak ada perubahan dari yang telah diajukan sebelumnya. Di mana tingkat pengangguran di perkirakan menjadi 4,8 persen hingga 5 persen pada tahun 2020. Lalu tingkat kemiskinan ditargetkan 8,5 persen hingga 9 persen. Adapun rasio gini ditargetkan  0,375-0,380 dengan indeks pembangunan manusia ditargetkan 72,51.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com