Perusahaan Layanan TV Berbayar MNC Bakal Melantai di Bursa

Kompas.com - 17/06/2019, 21:36 WIB
Ilustrasi bursaThinkstock Ilustrasi bursa

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MNC Vision Networks Tbk, bagian dari MNC Group bakal melepas sebagian sahamnya ke publik dengan skema initial public offering ( IPO).

Perseroan menawarkan 3.552.000.000 saham baru atau 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Perseroan telah menunjuk PT MNC Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi
saham.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/6/2019), perseroan mematok harga untuk IPO berkisar antara Rp 231 hingga Rp 243 per saham, dengan target perolehan dana berkisar antara Rp 814 miliar Rp 856 miliar.

Adapun MNC Vision bergerak di bidang TV berbayar, fixed broadband/IPTV, dan layanan konten digital. Entitas anak yaitu PT MNC Sky Vision Tbk (MNC Vision), PT MNC Kabel Mediakom (MNC Play), PT MNC OTT Network (MNC Now), dan PT Nusantara Vision (NV).

Baca juga: Tiga Stasiun Televisi Bentuk Asosiasi Televisi Nasional Indonesia

MNC Vision memiliki basis pelanggan sekitar 2,4 juta pada 31 Desember 2018. MNC Vision menyasar pelanggan di kota-kota menengah dan kecil.

Adapun saat ini penetrasi pasar TV berlangganan di Indonesia baru sebesar 13 persen dibandingkan
dengan negara di Asia yang mencapai 71 persen. Prospek bisnis perseroan juga didorong program
pemerintah melalui digitalisasi industri 4.0, di mana penetrasi fixed broadband berpotensi meningkat mencapai 16 persen dengan jumlah pelanggan menjadi 11,3 juta pada tahun 2023.

Baca juga: Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Meningkat

Selain itu, pertumbuhan industri layanan konten digital (OTT) didukung oleh generasi milenial dan pergeseran kebiasaan dalam menikmati konten hiburan secara digital.

Dana hasil penawaran umum akan digunakan untuk modal kerja, pengembangan jaringan fixed broadband/IPTV serta pengembangan layanan konten digital, antara lain melalui produksi konten original yang menarik. Perseroan juga akan menyasar segmen pasar menengah ke bawah.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X