Mandiri Capital Siapkan Rp 90 Miliar untuk Investasi di Startup Fintech

Kompas.com - 18/06/2019, 18:30 WIB
CEO PT Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan dana hingga Rp 90 miliar untuk investasi baru dan pendanaan lanjutan dalam acara Digital Incubator Demo Day di Jakarta, Selasa (18/6/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYACEO PT Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan dana hingga Rp 90 miliar untuk investasi baru dan pendanaan lanjutan dalam acara Digital Incubator Demo Day di Jakarta, Selasa (18/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura telah mengalokasikan sejumlah dana untuk investasi ke 2-3 startup financial techonology (fintech) baru tahun 2019.

CEO PT Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro mengatakan, meski tak ada target berapa startup yang akan dimodali, pihaknya telah menyiapkan dana sebesar Rp 40 miliar untuk investasi baru dan Rp 50 miliar untuk pendanaan lanjutan kepada startup yang sudah tertera di portofolio MCI.

"Kami enggak ada target berapa startup yang diinvestasi. Tapi kami telah mengalokasikan dana Rp 40 miliar, cukup untuk investasi ke 2-3 investasi baru," CEO PT Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro dalam acara Digital Incubator Demo Day 2019 di Jakarta, Selasa (18/6/2019).

"Selain ke new investment, kami juga alokasikan dana sekitar Rp 50 miliar untuk investasi pendanaan lanjutan ke startup yang telah masuk portofolio kita," lanjut Eddi.

Baca: Mau Bangun "Start Up" tapi Bingung memulainya? Simak Tips Ini

Pendanaan lanjutan ini telah terealisasi sebagian. Yang belum terealisasi, rencananya MCI akan merealisasikannya tahun ini. Sementara untuk investasi baru, ada beberapa yang masih dalam proses.

Adapun, kriteria startup fintech yang dipilih MCI untuk menyuntikkan dananya antara lain, sudah memiliki produk yang telah diluncurkan ke pasar meski belum memiliki profit dan sudah melalui pendanaan sebelumnya.

"Fintech tersebut harus telah melalui pendanaan sebelumnya baik dari koorporasi maupun investor lain. Kita jarang masuk pertama karena kita lihat startup ini dibangun serius atau enggak, dan founder-nya serius atau enggak," ucap Eddi.

Diketahui, sejak tahun 2016 hingga saat ini, MCI telah menginvestasikan hingga Rp 700 miliar ke 10 startup fintech. Di akhir tahun 2019, kemungkinan akan bertambah menjadi 12-13 startup yang telah diinvestasi.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X