Presiden Trump dan Presiden Xi Jinping Bakal Bertemu Sebelum KTT G20

Kompas.com - 19/06/2019, 06:03 WIB
Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Balai Agung Rakyat China di Beijing, Kamis (9/11/2017). (AFP/Nicolas Asfouri) Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Balai Agung Rakyat China di Beijing, Kamis (9/11/2017). (AFP/Nicolas Asfouri)

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan telah berbicara dengan Presiden Xi Jinping untuk kembali bertemu setelah jeda panjang sebagai persiapan pertemuan KTT G20 akhir bulan ini.

Sebagai informasi, Amerika Serikat dan China tengah berada dalam perang dagang yang telah menekan kondisi pasar keuangan global bahkan merusak kondisi perekonomian dunia.

Pembicaraan antara kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan sempat terhenti bulan lalu dan sejak saat itu, AS dan China hanya melakukan interaksi secara terbatas.

Dikutip dari Reuters, Rabu (19/6/2019) meskipun Trump mengancam bakal menaikkan kembali tarif perdagangan untuk produk China, dirinya bakal bertemu dengan Xi Jinping pada KTT G20 pekan depan.

Meski Trump mengatakan kedua belah pihak bakal melakukan pembicaraan, namun pihak China belum melakukan konfirmasi atas pertemuan tersebut.

Dalam sebuah unggahan melalui akun Twitternya, Trump mengatakan China telah sepakat dan mulai melakukan persiapan ketika dihubungi melalui sambungan telepon.

"Telah melakukan percakapan telepon yang sangat baik dengan Presiden Xi dari China. Kami akan mengadakan pertemuan minggu depan pada G-20 di Jepang. Tim kami masing-masing akan memulai pembicaraan sebelum pertemuan kami," tulis Trump.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Trump Yakin China Setujui Kesepakatan Dagang dengan AS

Media Pemerintah China mengatakan Xi menyetujui pertemuan itu dan menekankan bahwa perselisihan ekonomi dan perdagangan harus diselesaikan melalui dialog.

“Kuncinya adalah untuk menunjukkan pertimbangan terhadap perhatian satu sama lain,” kata Xi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X