Demi LinkAja, BTN Akan Akuisisi Perusahaan Modal Ventura Milik BUMN

Kompas.com - 19/06/2019, 16:15 WIB
Ilustrasi LinkAja LinkAjaIlustrasi LinkAja

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara Tbk ( KOMPAS100: BBTN) tengah menjajaki mengakuisisi perusahaan modal ventura milik badan usaha milik negara (BUMN). 

Akuisisi sebagai salah satu persiapkan perseroan untuk bisa masuk menjadi pemegang saham perusahaan financial technology ( fintech) LinkAja.

Secara regulasi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang membatasi bank secara ketat berinvestasi pada fintech. Investasi secara langsung hanya dapat dilakukan pada fintech yang masuk dalam kategori Lembaga Jasa Keuangan.

Direktur Kepatuhan BTN Mahelan Prabantarikso mengatakan, rencana akuisisi modal ventura masih dalam proses penjajakan dengan calon perusahaan. Pihaknya tengah membidik beberapa perusahaan dimana salah satunya adalah milik perusahaan BUMN.

"Akuisisi ini kami targetkan bisa rampung kuartal IV, maksimal bisa di Desember," ungkap Mahelan di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Baca juga: BTN Bakal Akuisisi Perusahaan Modal Ventura

Mahelan tidak menyebutkan berapa dana yang disiapkan untuk mencaplok perusahaan modal ventura tersebut. Hanya yang pasti, perseroan telah menyiapkan dana Rp 1 triliun untuk melakukan ekspansi anorganik tahun ini.

Sebelumnya, BTN sudah melakukan penandatangan perjanjian akuisisi perusahaan manajer investasi yakni PMN IM.

Sementara Maryono, Direktur Utama BTN mengatakan, pihaknya saat ini masih fokus menyiapkan cangkang untuk bisa masuk ke perusahaan fintech, salah satunya LinkAja.

Dia bilang, porsi pembagian saham di LinkAja saat ini masih belum ditetapkan sehingga dirinya belum bisa menyebutkan jumlah dana yang disiapkan untuk akuisisi perusahaan itu. (Dina Mirayanti Hutauruk)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Demi LinkAja, Bank BTN Akan Akuisisi Perusahaan Modal Ventura Milik BUMN

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X