Ramadhan, Tokopedia Kumpulkan Donasi dan Zakat Lebih dari Rp 7 Miliar

Kompas.com - 19/06/2019, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform belanja online Tokopedia telah berhasil mengumpulkan donasi dan zakat lebih dari Rp 7 miliar selama bulan Ramadhan 2019.

VP Corporate Communication Nuraini Razak mengatakan, terkumpulnya donasi dan zakat lebih dari Rp 7 miliar menunjukkan masyarakat Indonesia yang senang berbagi kepada sesama.

"Donasi dan zakat itu luar biasa sampai Rp 7 miliar. Berarti orang Indonesia ini senang berbagi kepada sesamanya, terutama di bulan Ramadhan," kata VP Corporate Communication Nuraini Razak di Tokopedia Tower Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Baca juga: Selama Ramadhan, Tokopedia Catat Rekor Penjualan Rp 18,5 Triliun Lebih

Nuraini mengatakan, program donasi dan zakat ini adalah program kerja sama dengan dua platform digital lain, yakni Grab dan Ovo yang dimulai sejak tanggal 2 Mei 2019.

Dalam sebulan, ketiga platform tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 11,5 miliar rupiah. 

Nantinya, kata Nuraini, donasi akan disalurkan untuk lebih dari 30.000 anak yatim, dhuafa, dan kurang mampu. Sebelumnya, penyaluran donasi telah disalurkan ke 4.131 anak di 30 kota.

Baca juga: Belajar dari Kegagalan William Tanuwijaya, Founder dan CEO Tokopedia

Angka Rp 7 miliar ini merupakan angka keseluruhan dari semua donasi dan zakat yang masuk ke Tokopedia selama bulan Ramadhan. Sayangnya, Nuraini tak menjelaskan pembagian dari angka tersebut. 

"Jadi patungan PUB hanya sebagian saja. Sayangnya kita tidak dapat memberikan breakdown mengenai detail nilai Rp 7 miliar ini, termasuk apa saja dan pembagiannya berapa," ungkap Nuraini. 

Selain mencatatkan total donasi dan zakat hingga lebih dari Rp 7 miliar, Tokopedia juga mencatatkan rekor penjualan terbesar selama bulan Ramadhan tahun ini. Total nominal transaksi (Gross Merchandise Value) mencapai Rp 18,5 triliun dan merupakan hasil tertinggi yang pernah dicapai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.