China Optimistis Pertemuan Xi Jinping-Trump akan Hasilkan Hal Positif

Kompas.com - 19/06/2019, 19:08 WIB
Presiden AS, Donald Trump, dan Presiden China, Xi Jinping, berbicara dalam forum ekonomi. Keduanya menyepakati perdagangan senilai 250 miliar dolar AS atau Rp 3.379 triliun (9/11/2017).Fred Dufour/AFP Presiden AS, Donald Trump, dan Presiden China, Xi Jinping, berbicara dalam forum ekonomi. Keduanya menyepakati perdagangan senilai 250 miliar dolar AS atau Rp 3.379 triliun (9/11/2017).

BEIJING, KOMPAS.com - China optimistis pertemuan Presiden Xi Jinping dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan membuahkan hasil yang positif.  Hubungan 4 dekade kedua negara memungkinkan tercapai hal yang positif.

Hal itu disampaikan Kementerian Luar Negeri China, Rabu (19/6/2019), setelah kedua presiden negara adidaya itu sepakat untuk kembali melakukan pembicaraan perdagangan pada pertemuan G20 bulan ini. Sebelumnya China  menolak memberi konfirmasi apakah kedua pemimpin itu akan bertemu.

"Hubungan selama 4 dekade memungkinan tercapai hasil yang positif," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Lu Kang dalam pers briefing.

Baca juga: Serukan Perang Dagang dengan AS, India Bisa Rugi Sendiri?

Dia mengatakan, solusi yang dapat diterima kedua belah pihak merupakan hal yang penting.

"Kedua pemimpin akan berbicara tentang apa pun yang mereka inginkan," katanya.

"Kesepakatan tidak hanya untuk kepentingan kedua bangsa, tetapi memenuhi aspirasi seluruh dunia," tambah dia.

Saat ini kedua ekonomi terbesar di dunia tersebut tengah perdanga pedang yang telah menekan pasar keuangan dan merusak ekonomi global.

Pembicaraan untuk mencapai kesepakatan luas terhenti bulan lalu setelah pejabat AS menuduh China mundur dari komitmen yang disepakati. Sejak itu, interkasi keduanya terbatas, dan Trump telah mengancam akan menampar tarif lebih banyak pada produk-produk Cina dalam eskalasi yang ingin dihindari oleh bisnis di kedua negara.

Pada hari Selasa, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa ia akan bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping di KTT G20 di Osaka, Jepang.

Baca juga: 600 Perusahaan Surati Trump, Peringatkan Dampak Perang Dagang

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X