Bisa Hemat Listrik, Berapa Biaya Pasang Panel Surya Atap?

Kompas.com - 20/06/2019, 16:50 WIB
Ikea menjual panel surya seharga 5.700 poundsterling. sky newsIkea menjual panel surya seharga 5.700 poundsterling.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan pembangkit listrik tenaga surya ( PLTS) di atap rumah bisa menghemat listrik PLN hingga 30 persen. Demikian diungkapkan Director of Technology PT Xurya Daya Indonesia Edwin Widjonarko.

Hal ini tentu cukup menggiurkan bagi masyarakat atau pelaku usaha yang ingin hemat tagihan listrik PLN tanpa perlu mengorbankan penggunaan listrik. Sebab sebagian asupan listrik bisa disuplai oleh PLTS yang dipasang di atap rumah atau toko.

Lantas berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk instalasi PLTS atap?

"Tentu itu tergantung seberapa besar panel surya yang akan dipasang," ujar Edwin di Jakarta, Rabu (20/6/2019).

Baca juga: Pasang Panel Surya Bisa Hemat Listrik Hingga 30 Persen

Ia menyebutkan, harga 1 kilowatt peak (kWp) panel Surya yakni Rp 14 juta. Bila satu rumah atau toko memasang 10 kWp panel surya, maka harganya mencapai Rp 140 juta.

Jumlah 10 kWp panel surya biasanya digunakan oleh para pelaku usaha untuk membantu asupan listrik produksi.

Sementara untuk kepentingan rumah non usaha, biasanya penggunaan panel surya bisa lebih kecil dari 10 kWp sesuai kebutuhan. Dengan begitu biayanya juga akan lebih murah.

"Saat ini untuk yang sudah dipasang paling kecil itu 7 atau 8 kWp. Sementara yang paling besar 250 kWp (untuk gedung atau kantor)," kata Edwin.

Baca juga: Listrik Panel Surya Bisa Dijual ke PLN

Masih menanggap harga panel surya mahal? Tenang, sebab Xurya memberikan opsi lain yang cukup menggiurkan, yakni pembebasan biaya di awal.

Apakah itu artinya gratis? Tentu saja tidak. Sebab, Xurya memberikan opsi pembayaran panel surya dengan cara profit sharing.

Pelanggan tidak perlu membayar PLTS atap di awal, namun akan dikenakan biaya dari hasil penghematan listrik setelah panel surya dipasang

"Jadi misalnya awalnya tagihan listriknya Rp 10 juta, terus kami pasang PLTS atap, tagihan listrik jadi Rp 4 juta. Jadi ada saving Rp 6 juta, nah kita kenakan 90 persen dari saving itu," kata Founder Xurya Eka Himawan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X