Kini Ada Aplikasi Mak Comblang Pengusaha Perempuan dengan Mentor Bisnis

Kompas.com - 21/06/2019, 05:18 WIB
Peluncuran platform Micro Mentor di Jakarta, Kamis (20/6/2019).KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA KEMALA Peluncuran platform Micro Mentor di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Commonwealth dan Mastercard menggandeng Mercy Corps Indonesia untuk membantu pengusaha perempuan yang bergelut di dunia usaha mikro untuk menumbuhkan bisnisnya.

Mereka membuat platform bernama Micro Mentor yang akan mempertemukan pengusaha dengan para mentor bisnis yang pakar di bidangnya. Aplikasi ini dikhususkan bagi perempuan yang baru merintis usaha yang ingin mendapat ilmu langsung dari pakarnya.

Cara kerja Micro Mentor ibarat "mak comblang" yang mempertemukan pengusaha dengan mentor berpengalaman yang ilmunya ingin diserap.

Executive Director of Mercy Corps Indonesia Ade Soekadis mengatakan, kewirausahaan merupakan faktor fundamental yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Platform ini goalnya para pebisnis muda untuk mengembangkan pengetahuannya untuk dibimbing pengusaha sukses. Itu cara efektif mengembangkan usaha UKM," kata Ade di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Baca juga: Menaker Minta Pengusaha Perempuan Perkuat Daya Saing

Tanpa perlu pertemuan fisik, mentoring bisa dilakukan melalui dunia maya. Pelaku usaha tersebut tinggal mendaftarkan diri di situs id.micromentor.org dan mencari mentor yang spesifik sesuai kebutuhan.

Misalnya, orang tersebut ingin mengetahui lebih jauh bagaimana pemasaran yang tepat. Maka tinggal mencari mentor yang ahli di bidang pemasaran tersebut. Program seperti ini sudah diterapkan di negara lain dan mendapat sambutan yang besar.

"80 persen pengguna secara global sudah dapat benefit dalam mengembangkan usaha dan menciptakan lapangan kerja," kata Ade.

Baca juga: UMKM dan Partisipasi Perempuan Jadi Fokus Dorong Ekonomi Asia Pasifik

Program ini ditargetkan dapat menjangkau ribuan pengusaha sebagai mentees alias peserta mentoring dan 200 wirausaha yang berpengalaman sebagai mentor hingga akhir 2019.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X