Bank Sentral Inggris: Libra Bisa Dongkrak Inklusi Keuangan, tetapi....

Kompas.com - 21/06/2019, 09:00 WIB
Mata uang kripto Facebook bernama Libra Tech CrunchMata uang kripto Facebook bernama Libra

LONDON, KOMPAS.com - Gubernur  bank sentrak Inggris Bank of England Mark Carney dalam pidatonya memberikan sambutan yang bernuansa kecemasan pula kepada mata uang kripto Facebook, Libra.

Dia mengatakan, Libra mungkin dapat mengurangi biaya sekaligus meningkatkan inklusi keuangan, namun membutuhkan regulasi. Carney pun menambahkan, lembaga keuangan non-bank bakal bisa memiliki rekening di bank sentral.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat (21/6/2019), Carney telah memberikan reaksi yang cenderung positif terhadap mata uang kripto Facebook yang diresmikan pekan lalu.

Walaupun demikian, Carney menegaskan bukan berarti dirinya menawarkan pintu terbuka kepada Facebook.

Baca juga: Facebook Berencana Merilis Mata Uang Kripto Tahun Depan

Tidak seperti media sosial, di mana regulasi justru harus berjuang untuk mengejar ketertinggalan setelah digunakan secara masif oleh penggunanya, Carney berjanji dan memastikan regulasi terkait mata uang kripto bakal bersifat mengurangi risiko pencucian uang sekaligus melindungi data privasi.

Adapun Libra sedniri dimaksudkan bakal menjadi mata uang yang bisa ditransfer via media sosial. Nilainya akan berdasarkan pada nilai mata uang asli, tidak seperti mata uang kripto lainnya yang tidak berdasarkan nilai tukar yang sudah ada.

Menurut Carney, secara sistematis Libra mungkin bakal menjadi penting secara sistemik dan bakal diatur sesuai itu.

Baca juga: Facebook Luncurkan Mata Uang Kripto Libra

Asosiasi Libra pun berkomitmen bakal membangun jaringan yang aman dengan program utama anti pencucian uang serta anti penipuan. Mereka menambahkan, Libra tidak akan menyimpan ataupun melanggar data pribadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X