Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Sentral Inggris: Libra Bisa Dongkrak Inklusi Keuangan, tetapi....

Kompas.com - 21/06/2019, 09:00 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber BBC

LONDON, KOMPAS.com - Gubernur  bank sentrak Inggris Bank of England Mark Carney dalam pidatonya memberikan sambutan yang bernuansa kecemasan pula kepada mata uang kripto Facebook, Libra.

Dia mengatakan, Libra mungkin dapat mengurangi biaya sekaligus meningkatkan inklusi keuangan, namun membutuhkan regulasi. Carney pun menambahkan, lembaga keuangan non-bank bakal bisa memiliki rekening di bank sentral.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat (21/6/2019), Carney telah memberikan reaksi yang cenderung positif terhadap mata uang kripto Facebook yang diresmikan pekan lalu.

Walaupun demikian, Carney menegaskan bukan berarti dirinya menawarkan pintu terbuka kepada Facebook.

Baca juga: Facebook Berencana Merilis Mata Uang Kripto Tahun Depan

Tidak seperti media sosial, di mana regulasi justru harus berjuang untuk mengejar ketertinggalan setelah digunakan secara masif oleh penggunanya, Carney berjanji dan memastikan regulasi terkait mata uang kripto bakal bersifat mengurangi risiko pencucian uang sekaligus melindungi data privasi.

Adapun Libra sedniri dimaksudkan bakal menjadi mata uang yang bisa ditransfer via media sosial. Nilainya akan berdasarkan pada nilai mata uang asli, tidak seperti mata uang kripto lainnya yang tidak berdasarkan nilai tukar yang sudah ada.

Menurut Carney, secara sistematis Libra mungkin bakal menjadi penting secara sistemik dan bakal diatur sesuai itu.

Baca juga: Facebook Luncurkan Mata Uang Kripto Libra

Asosiasi Libra pun berkomitmen bakal membangun jaringan yang aman dengan program utama anti pencucian uang serta anti penipuan. Mereka menambahkan, Libra tidak akan menyimpan ataupun melanggar data pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com