Bisnis Kura-Kura Darat, Modal Sejuta Bisa Cuan Puluhan Juta (2)

Kompas.com - 21/06/2019, 15:00 WIB
Triadjie Wahyu El Haq, penggemar reptil yang menggeluti usaha jual beli kura-kura, Bekasi, Selasa (18/6/2019) Kompas.com/YOGA SUKMANATriadjie Wahyu El Haq, penggemar reptil yang menggeluti usaha jual beli kura-kura, Bekasi, Selasa (18/6/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada yang lebih mengasikan dari hobi yang menghasilkan uang. Begitu kata Triadjie Wahyu El Haq (28), pemuda asal Bekasi, Jawa Barat.

Berawal dari hobinya memelihara kura-kura darat sejak 2014, pundi-pundi rupiah sudah banyak mendarat di kantongnya.

Hal ini lantaran Aji, begitu sapaannya, juga berbinis dari kura-kura yang ia pelihara setiap hari. Soal harha jual, jangan tanya, kura-kura darat punya nilai yang mahal.

Untuk ukuran baby atau sekitar 5 cm, harga kura-kura darat jenis Red Footed Tort, harganya Rp 1,2 juta - Rp 1,7 juta per ekor. Setelah 4-5 tahun harganya bisa jadi Rp 7 juta - Rp 8 juta per ekor.

Adalagi jenis Cherry Head Tort Rp 1,3 juta - Rp 2 juta per ekor ukuran baby, setelah 4-5 tahun jadi Rp 8 juta - Rp 10 juta per ekor.

Sementara untuk jenis Sulcata Tort dihargai Rp 1,5-2 juta untuk ukuran baby. Setelah 5-6 tahun, harga jualnya mencapai Rp 7 juta -15 juta per ekor.

Harga jual kura-kura darat bisa lebih dari harga di atas, sebab kata Aji banyak hal yang menjadi acuan.

"Harga juga tergantung dari motif/warna/jumlah dan bentuk scutes (kotak-kotak di tempurung bagian atas) si kura itu sendiri," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (18/6/2019)

"Normalnya kura memiliki 13 scutes, semakin banyak atau sedikit jumlah scutes akan meningkatkan harga. Apa lagi bentuk scutesnya simetris," sambung dia.

Aji sudah banyak menjual kura-kura peliharaannya. Bahkan ia pernah menjual hingga lebih dari Rp 50 juta untuk berbagai jenis kura-kuranya.

Bapak satu anak ini menilai bisnis kura-kura darat sangat menjanjikan, bahkan ia memastikan adanya keuntungan dari penjulan kura-kira darat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X