Pemilu, Belanja Perjalanan Dinas ASN Meningkat Jadi Rp 15,1 Triliun

Kompas.com - 21/06/2019, 18:17 WIB
ilustrasi rupiahthikstockphotos ilustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan realisasi belanja barang pemerintah untuk Kementerian/Lembaga hingga Mei 2019 mencapai Rp 99,2 triliun. Realisasi tersebut meningkat 16,9 persen dibanding periode tahun lalu yang sebesar Rp 84,9 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Askolani menjelaskan, salah satu komponen belanja barang K/L yang mengalami peningkatan cukup signifikan adalah belanja perjalanan dinas yang mencapai Rp 15,1 triliun hingga Mei 2019. Sementara pada periode yang sama tahun lalu, total belanja perjalanan dinas K/L sebesar Rp 12,4 triliun.

"Tentunya itu kegiatan ada di K/L yang memiliki aktivitas cukup tinggi sampai dengan Mei ini terkait dengan Pemilu," ujar Askolani di Jakarta, Jumat (21/5/2019).

Beberapa lembaga pemerintahan yang mengalami peningkatan belanja perjalanan dinas adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI, juga kepolisian.

"Hal itulah yang menyebabkan belanja dinas mengalami peningkatan 22 persen," ujar dia.

Adapun komponen yang berkontribusi paling besar terhadap belanja barang pemerintah adalah untuk aktivitas pelayanan publik atau pemerintahan yang mencapai Rp 50,55 triliun. Angka tersebut meningkat 39 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Adapun belanja jasa mencapai Rp 10 triliun atau meningkat 25 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Adapun untuk belanja barang untuk maintenance atau perawatan sebesar Rp 8,6 triliun, lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai Rp 10,2 triliun.

Adapun secara keseluruhan, Kemenkeu mencatatkan belanja pemerintah sebesar Rp855,9 triliun hingga akhir Mei 2019. Realisasi ini setara 34,8 persen dari pagu dalam APBN 2019 yang sebesar Rp 2.461,1 triliun.

Bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, maka belanja pemerintah naik 9,8 persen dari Rp 779,5 triliun. 

Belanja ini terdiri dari transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 325,1 triliun atau setara 39,3 persen dari target dalam APBN 2019. Lalu belanja pemerintah pusat sebesar Rp 530,8 triliun, atau setara 32,5 persen dari target APBN 2019.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X