[POPULER MONEY] Sri Mulyani Penguji Skripsi | Isu Tarif Listrik Naik

Kompas.com - 22/06/2019, 07:00 WIB
Foto bersama Prima Raka, Sri Mulyani, dan dosen penguji lainnya seusai sidang, Selasa (18/6/2019). Instagram @primaraka_Foto bersama Prima Raka, Sri Mulyani, dan dosen penguji lainnya seusai sidang, Selasa (18/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita mengenai viral Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi penguji sidang skripsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menjadi berita populer kanal Money Kompas.com, Jumat (21/6/2019). Sidang skripsi yang diuji sang menteri keuangan menuai beragam tanggapan dari netizen.

Ada pula klarifikasi Kementerian ESDM terkait isu kenaikan tarif tenaga listrik (TTL). Kementerian ESDM membantah kabar yang beredar di media spsial bahwa tarif listrik naik.

Berikut ini 5 berita populer kanal Money Kompas.com yang masih dapat disimak hari ini.

1. Ketika Sri Mulyani Jadi Penguji Sidang Skripsi Mahasiswa UI...

Di sela-sela kesibukannya sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati juga masih menjalankan tugas sebagai pengajar di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Bahkan, Sri Mulyani juga menjadi penguji skripsi mahasiswa program sarjana di FEB UI.

Baru-baru ini, sejumlah mahasiswa FEB UI menjalani sidang skripsi dengan Sri Mulyani sebagai penguji. Momen langka itu pun viral di media sosial dan menuai beragam respons dari netizen, ada yang iri hingga ikut merasa deg-degan.

Bagaimana cerita soal sidang skripsi yang tak biasa itu? Baca selengkapnya di sini.

2. Kementerian ESDM Bantah Isu Kenaikan Tarif Listrik

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membantah isu kenaikan tarif tenaga listrik (TTL). Isu tersebut viral di media sosial akhir-akhir ini.

Meskipun tidak pernah naik sejak 2017, pemerintah hingga saat ini belum memiliki rencana menaikkan tarif listrik.

“Isu kenaikan tarif tenaga listrik dipastikan tidak benar. Pemerintah hingga saat ini tidak memiliki rencana untuk kenaikan tarif listrik. Bahkan, pelanggan mampu pun tidak pernah naik sejak 2017,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Jumat (21/6/2019).

Berapa besaran tarif listrik saat ini? Baca selengkapnya di sini.

3. Diuji Skripsi oleh Sri Mulyani, Ini Cerita Mahasiswa FEB UI

Empat mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menjalani sidang skripsi pada awal pekan ini. Berbeda dengan sidang skripsi pada umumnya, salah satu dosen pengujinya adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sidang skripsi tentu menjadi puncak perjuangan seorang mahasiswa strata 1 untuk memperoleh gelar sarjana. Momen ini biasanya membuat sang mahasiswa gugup karena harus mempertanggungjawabkan penelitiannya di hadapan dosen penguji.

Bagaimana pengalaman mahasiswa UI yang diuji oleh Sri Mulyani? Baca di sini.

4. Imbas Perang Dagang, Kini Giliran Apple dan Microsoft Surati Trump

Setelah Nike, Adidas, dan perusahaan ritel lain, kini giliran perusahaan teknologi yang melayangkan surat komplain ke Gedung Putih karena kebijakan tarif yang diambil Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Tidak dimungkiri lagi, mereka telah merasakan sengatan dari perang dagang antara AS-China. Saat ini, mereka telah mencoba mencegah usulan babak tarif baru yang ditujukan pada banyak teknologi Amerika. 

Dikutip dari CNN, Jumat (21/6/2019), tak hanya 1 atau 2 perusahaan, tapi lebih dari setengah lusin perusahaan teknologi menyurati Trump dan meminta tak memukul produk yang mereka hasilkan di China dengan tarif tambahan.

Apa dampak perang dagang bagi raksasa-raksasa teknologi itu? Baca di sini.

5. Empat Jurus Pemerintah Turunkan Harga Tiket Pesawat

Pemerintah terus berupaya menurunkan harga tiket pesawat. Sebab, sejak November 2018 lalu masyarakat terus menjerit lantaran harga tiket pesawat yang dianggap terlalu memberatkan.

Bahkan, ada warga asal Aceh yang harus terlebih dahulu ke Malaysia untuk menuju Jakarta. Hal tersebut dilakukan untuk mengakali mahalnya harga tiket pesawat domestik.

Apa saja upaya pemerintah untuk turunkan harga tiket pesawat? Baca di sini.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X