Ingat, Jangan Percaya 4 Mitos Karier Ini

Kompas.com - 22/06/2019, 07:46 WIB
Ilustrasi Karyawan SHUTTERSTOCKIlustrasi Karyawan

NEW YORK, KOMPAS.com - Dunia kerja kini semakin dinamis dan fleksibel. Perubahan besar tersebut membuat kita semakin leluasa dalam bekerja dan bisa meningkatkan produktivitas.

Namun demikian, masih ada saja mitos-mitos yang malah bisa membuat karier Anda terhambat. Oleh karenanya, perlu diketahui mitos-mitos ini agar Anda tak salah langkah dalam menata karier.

Dilansir dari HerMoney, Sabtu (22/6/2019), berikut ini adalah 4 mitos karier yang jangan dipercaya.

1. Mitos: Gonta-ganti pekerjaan bisa merusak reputasi profesional

Di masa seperti saat ini, berganti pekerjaan menjadi hal yang lumrah. Apalagi, ada juga kecenderungan generasi milenial tidak tahan lama bekerja di satu perusahaan.

Di AS saja, misalnya, menurut daya Biro Statistik Tenaga Kerja, rata-rata warga AS berusia 18-50 tahun telah berganti pekerjaan hampir 12 kali. Biasanya warga AS pernah menjalani 3 hingga 4 kali berganti karier.

Saat ini, keahlian-keahlian yang disebut transferable skills, membuat seseorang lebih mudah dan sukses berganti pekerjaan dan karier. Transferable skills adalah keahlian yang dapat digunakan untuk sukses dalam posisi apapun, seperti keahlian komunikasi yang baik, tingkah laku yang positif, dan pengetahuan teknologi.

Sebagai contoh, banyak keahlian yang dimiliki para analis data juga digunakan oleh para manajer media sosial, yang sama-sama memantau data analitik.

Baca juga: Studi: Karier Mandek, 2 dari 5 Pegawai di Singapura Putuskan Resign

2. Mitos: Rehat sejenak dari karier bisa menghambat kesuksesan

Ada saja alasan untuk Anda istirahat sejenak dari karier, apakah untuk merawat anak, merawat orang tua, atau sekadar liburan dalam jangka waktu yang cukup lama. Menurut direktur pengembangan karier di Ohio University Imants Jaunarajs, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu guna mengetahui apa yang sebenarnya Anda inginkan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber HerMoney
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X