Pengantin Baru, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Keuangan Ini

Kompas.com - 22/06/2019, 08:36 WIB
Ilustrasi pernikahan dini Ilustrasi pernikahan dini

NEW YORK, KOMPAS.com - Selamat untuk Anda dan pasangan yang baru saja mengarungi bahtera pernikahan. Menikah sama dengan menggabungkan dua kehidupan yang berbeda, termasuk keuangan.

Namun demikian, menggabungkan kondisi keuangan Anda dan pasangan tak selalu mudah dilakukan. Apalagi jika Anda merupakan pasangan pengantin baru yang masih melakukan penyesuaian.

Dikutip dari The Balance, Sabtu (22/6/2019), banyak pasangan tidak melihat kondisi keuangan masing-masing ketika awal menjalin hubungan. Sehingga, ketika kedua kondisi keuangan digabungkan, ada banyak perbedaan pandangan dan emosi bisa memanas.

Baca juga: 5 Trik Mencegah Masalah Keuangan bagi Pengantin Baru

Oleh karena itu, setidaknya ada 5 kesalahan keuangan yang harus Anda dan pasangan hindari sebagai pengantin baru.

1. Tidak punya rencana keuangan jangka panjang

Ingat, penting bagi Anda dan pasangan untuk memiliki rencana keuangan jangka panjang. Ini termasuk tujuan pensiun, kepemilikan rumah, dan mulai membangun keluarga.

Duduk bersama dan bicarakan tentang hal-hal ini sebaiknya sebelum menikah. Diskusikan tujuan-tujuan finansial Anda, linimasa yang Anda patok, anggaran, dan permasalahan-permasalahan yang Anda hadapi.

2. Tidak berdiskusi soal keuangan

Kesalahan finansial umum lainnya yang kerap dilakukan pengantin baru adalah 'buta finansial' ketika menikah. Maksudnya, Anda tak pernah berdiskusi dengan pasangan terkait tujuan finansial, penghasilan, atau utang Anda.

Setelah bertunangan, diskusilah dengan pasangan terkait jumlah tabungan saat ini, besaran utang saat ini, tagihan, atau kewajiban finansial lainnya yang Anda atau pasangan miliki. Informasi-informasi ini akan berguna ketika Anda menikah.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X