Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Dapat Tiket Pesawat Murah untuk Liburan

Kompas.com - 22/06/2019, 12:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan kini menjadi kebutuhan pokok sebagian masyarakat. Alhasil, mereka kerap berburu tiket pesawat murah untuk memenuhi kebutuhannya.

Umumnya masyarakat harus merogoh koceknya dalam-dalam untuk membeli tiket pesawat saat hendak melancong. Namun, tidak sedikit masyarakat yang rajin mengunjungi event travel fair untuk berburu tiket murah.

Terkadang impian mereka untuk mendapatkan tiket murah harus kandas. Pihak travel tidak memberikan diskon besar untuk rute idaman.

"Saking seringnya travel fair digelar, jadi kurang menarik lagi," kata Anton Thedy, Pemilik TX Travel sekaligus traveller.

Baca juga: Ingin Hemat saat Liburan, Lakukan 6 Hal Ini

Agar kebutuhan liburan Anda terpenuhi tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli tiket pesawat. Anton berbagi strategi berburu tiket pesawat murah.

1. Tentukan destinasi tujuan

Strategi pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan destinasi yang dituju. Anton menyarankan sebaiknya Anda menentukan lebih dari satu destinasi tujuan. Agar Anda mempunyai alternatif tempat lainnya, bila tidak menemukan harga tiket yang pas di kantong.

Kemudian, Anda juga harus menentukan rencana tanggal keberangkatan dan kepulangan. Sebaiknya Anda memilih tanggal keberangkatan di luar hari libur. Tujuannya, agar Anda mendapatkan harga tiket pesawat yang murah.

Misalnya, Anda ingin melancong ke Balikpapan. Baiknya, Anda pergi pada hari Jumat, Sabtu, atau Minggu pagi, karena harga tiket murah.

Namun, bila Anda ingin berlibur ke Bali. Sebaiknya Anda memilih hari keberangkatan pada Minggu sore. Anton mengaku saat itu harga tiket ke pulau Dewata, misalnya, lebih murah dibandingkan hari lainnya.

Baca juga: Lion Air Tawarkan Promo Tarif Pesawat ke Sejumlah Destinasi

2. Manfaatkan fasilitas kartu kredit

Strategi kedua adalah manfaatkan fasilitas yang diberikan oleh kartu kredit Anda. Umumnya, sebagian bank penerbit kartu kredit memberikan diskon untuk pembelian tiket pesawat.

Selain itu, sebagian kartu kredit memberikan fasilitas cicilan nol persen untuk pembelian tiket pesawat. Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk menghemat biaya transportasi.

Anda dapat menghubungi customer service kartu kredit untuk mengetahui fasilitas yang diberikan. Opsi lainnya, Anda dapat membuka laman resmi bank penerbit kartu kredit untuk mengetahuinya.

Baca juga: Liburan Usai Lebaran? Perhatikan Hal ini Saat Pilih Maskapai

3. Selektif memilih event travel fair

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com