Menabung Bertahun-tahun tapi Tak Ada Hasil? Mungkin Ini Penyebabnya

Kompas.com - 23/06/2019, 08:59 WIB
Ilustrasi menabung. ShutterstockIlustrasi menabung.

KOMPAS.com - Tabungan menjadi hal yang sangat penting untuk investasi masa depan. Saat ini sudah ada banyak orang yang sadar pentingnya memiliki tabungan.

Saat Anda membutuhkan banyak uang dalam waktu dekat, tabungan Anda bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Jika Anda kawatir hal buruk terjadi, Anda bisa menyimpan uang Anda di bank.

Tapi, beberapa orang sempat mengeluhkan tabungan yang mereka miliki selama lima tahun bekerja justru tetap saja kosong. Ini sangat mengecewakan, bukan?

Anda tentu tidak mau bekerja sudah tahunan tapi tabungan tetap saja kosong, kan? Jika demikian yang dialami, mungkin inilah beberapa penyebab kosongnya tabungan Anda seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Menyepelekan karena Masih Sendiri

Anda yang masih lajang terutama, pasti dengan mudah menghabiskan uang tanpa berpikir soal tabungan. Berbeda halnya jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan lain seperti cicilan motor, kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain.

Sebenarnya, itu tidak boleh dijadikan alasan untuk Anda yang masih lajang tidak bisa menyisihkan uang Anda untuk ditabung. Banyak ‘kok di luar sana remaja dan pemuda pemudi lajang yang memiliki tabungan hingga puluhan juta.

Jadi, hidup sendiri tanpa tanggungan jangan Anda jadikan alasan untuk tidak bisa menabung. Justru saat seperti inilah waktunya Anda menabung dengan getol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar nanti saat Anda sudah memiliki tanggungan, Anda bisa mengatasinya dengan tabungan Anda. Nah, hindari menyepelekan pentingnya menabung karena merasa masih sendiri, ya?

Baca Juga: 6 Tips Mengajar Balita Menabung

2. Menjadi Tulang Punggung Keluarga Jadi Alasan

Nah, penyebab paling umum yang terjadi adalah yang seperti ini. Anda bekerja demi menghidupi keluarga. Istilahnya sebagai pejuang keluarga.

Semua gaji yang Anda peroleh, langsung Anda berikan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Bukannya tidak boleh, tapi hal seperti ini sama saja mengesampingkan kehidupan pribadi Anda sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.