KILAS

Dongkrak Mutu SDM, Indonesia-Italia Jajaki Kerja Sama

Kompas.com - 23/06/2019, 10:52 WIB
Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menghadiri rapat kerja sama dengan Perusahaan Eni di Milan, Italia, Jumat (21/6/2019) Dok. Humas KemnakerMenteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menghadiri rapat kerja sama dengan Perusahaan Eni di Milan, Italia, Jumat (21/6/2019)

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker) menjajaki kerja sama dengan perusahaan Eni di Italia.

Penjajakan kerja sama tersebut difokuskan pada program magang. Kemnaker tak menutup kemungkinan untuk berkolaborasi pada bidang ketenagakerjaan lainnya.

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengatakan, kerja sama tersebut bertujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dan tenaga kerja nasional.

"Saya harapkan Eni dapat ikut berperan dalam program pemagangan ini melalui penerimaan peserta magang Warga Negara Indonesia (WNI), baik di Eni Milan maupun Eni Indonesia Ltd," ujar Hanif dalam pernyataan tertulis, Minggu (23/6/2019).

Selain untuk meningkatkan keterampilan atau skill, program magang menjadi sarana untuk mentransfer pengetahuan dan pengalaman sebagai bekal kerja dan wirausaha, setelah peserta kembali ke tanah air.

"Pemagangan juga memberi manfaat bagi perusahaan, di antaranya terpenuhinya kebutuhan karyawan sesuai persyaratan perusahaan dan tercapainya peningkatan kompetensi peserta sesuai standar perusahaan," kata Hanif.

Terus berkembang

Penjajakan kerja sama ini diharapkan dapat terus berkembang.

Khususnya, imbuh Hanif, kerja sama pelatihan, peningkatan keterampilan (upgrading training), dan kunjungan antara kedua pihak dalam kerangka pengembangan kapasitas SDM bidang ketenagakerjaan.

"Pertemuan ini dapat menjadi awal kolaborasi yang baik serta potensial antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Italia, khususnya di bidang ketenagakerjaan," kata dia.

Sebagai informasi, Kementerian Ketenagakerjaan mendukung agenda prioritas Pemerintah Indonesia selama tiga tahun ke depan, utamanya pada pembangunan dan peningkatan daya saing SDM Indonesia melalui pelatihan vokasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X