Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Transjakarta Minta Anggaran Rp 100 Miliar untuk Operasikan Bus Listrik

Kompas.com - 24/06/2019, 07:38 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur utama Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, pihaknya akan mengajukan anggaran Rp 100 miliar untuk operasi bus listrik di tahun 2020.

"Anggaran untuk tahun 2020 kami ajukan kepada pemerintah sekitar Rp 100 miliar untuk operasi bus listrik ini," kata Agung Wicaksono dalam diskusi media FUSE mengenai Kesiapan Bus Listrik Mengaspal di Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Agung mengatakan, anggaran Rp 100 miliar ini akan digunakan untuk pengadaan bus listrik. Namun, angka tersebut belum angka final. Nantinya, angka tersebut bisa meningkat ataupun berkurang tergantung dari uji coba.

Baca juga: Grup Bakrie Segera Uji Coba Bus Listrik Asal China

Adapun uji coba yang dilakukan antara lain, mempelajari aspek dari operasional bus, seperti apa saja yang harus disesuaikan, dampaknya di jalur, dan pelatihan pengemudi.

"Selama ini di malam hari armada isi bensin, sekarang armada di malam hari harus charging. Berapa lama yang dibutuhkan untuk charging dan berapa lama antrian yang diperlukan tentu akan berdampak pada operasional," ucap Agung.

Dengan dasar uji coba ini, kata Agung, pihaknya akan menyusun roadmap untuk mengetahui kapan bus Transjakarta siap untuk mengganti seluruh armada menjadi bus listrik.

"Baru nanti kita akan susun roadmap untuk mengkonversi seluruh armada, berapa lama waktu yang diperlukan untuk memberlakukan bus TJ jadi listrik," ucap dia.

Karena dilakukan secara bertahap, terang agung, nantinya pengoperasian bus listrik akan diprioritaskan untuk beberapa koridor sibuk, seperti koridor 1 dan koridor 6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com