68 Perusahaan Investasi Rp 64 Triliun untuk Pengembangan Desa

Kompas.com - 25/06/2019, 18:12 WIB
Pembangunan desa, seperti pemasangan paving block, berasal dari dana desa. Sejak dana desa dikucurkan, pembangunan infrastruktur sampai ke pedesaan. Tim Ceritalah Pembangunan desa, seperti pemasangan paving block, berasal dari dana desa. Sejak dana desa dikucurkan, pembangunan infrastruktur sampai ke pedesaan.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menjalin kerja sama dengan 68 perusahaan besar dalam mengembangkan kawasan pedesaan.

Salah satunya dengan PT Astra Internasional Tbk. Kerja sama itu termasuk dalam program Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades).

Menteri Desa Eko Putro Sandjojo mengatakan, dari kerja sama tersebut membuahkan nilai investasi yang cukup besar.

"Tahun lalu ada Rp 60 triliun lebih investasi," ujar Eko di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Baca juga: Astra Kembangkan Kawasan 645 Desa Sejahtera di Seluruh Indonesia

Dari nilai tersebut, sebanyak Rp 47 triliun investasi di kawasan pedesaan dan Rp 17 triliun di kawasan transmigrasi. Salah satunya di Sumba Timur, ada perusahaan berinvestasi Rp 4 triliun untuk membuat perkebunan tebu.

Selain itu, di Gorontalo banyak terdapat pabrik pakan ternak. Investor masuk untuk pengadaan dryer dengan nilai investasi lebih dari Rp 3 triliun.

"Di Sumbawa Barat ada salah satu perusahaan Korea bikin wooden chip senilai 200 juta dollar AS untuk diekspor," kata Eko.

Baca juga: Menteri Desa: Uang Bukan Satu-satunya Solusi Atasi Kesenjangan

Untuk tahun ini, diperkirakan investasi terus bertambah. Namun, Eko belum dapat memastikan nilainya. Ia pun mendorong dunia usaha untuk membantu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di pedesaan melalui program itu.

"Mudah-mudahan investasinya lebih besar," sebut dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X