Bulan Puasa, Pengiriman Barang "Same Day Delivery" Melonjak

Kompas.com - 26/06/2019, 12:16 WIB
Ilustrasi pengiriman paket. (Shutterstock) Ilustrasi pengiriman paket. (Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan (startup) logistik e-commerce berbasis teknologi Paxel melaporkan kenaikan pengiriman barang di hari yang sama atau same day delivery.

 

Berdasarkan data Paxel, sepanjang bulan Januari hingga 4 Juni 2019, kenaikan jumlah pengiriman barang melonjak hingga 64 persen, dibanding pengiriman pada bulan sebelumnya di sepanjang tahun 2019.

Hal ini menunjukkan pengiriman same day delivery kian diminati konsumen yang barangnya ingin cepat sampai.

"Selama bulan puasa, kami melihat konsumen lebih ingin produknya cepat sampai, sehingga jumlah pengiriman melonjak tajam. Konsumen lebih banyak mengirim makanan beku baik dalam maupun antar kota," kata Co-Founder Paxel sekaligus Ketua Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita dalam siaran pers, Rabu (26/6/2019).

Baca juga: Paxel: Pembangunan Infrastruktur Permudah Sameday Delivery

Data tersebut juga menunjukkan, konsumen paling banyak menggunakan same day delivery untuk mengirim produk makanan dengan porsi 52 persen. Diikuti fesyen 20,7 persen, produk kesehatan dan kosmetik 10,8 persen, buku 6,7 persen, dan perabot rumah tangga 4,2 persen.

Puncak pengiriman barang terjadi pada minggu ketiga puasa, yaitu tanggal 27 hingga 31 Mei 2019, lonjakan pengiriman mencapai 121 persen. Lonjakan ini pun paling banyak berasal dari Jabodetabek sebesar 79 persen, diikuti bandung 14 persen dan Surabaya.

Konsumen pun lebih banyak mengirim barang ke antar kota dibanding dalam kota. Lebih dari setengahnya sekitar 68 persen, konsumen menggunakan layanan same day delivery antar kota, sementara pengiriman dalam kota sebesar 32 persen.

Pengiriman paket pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB lebih banyak dipesan dibanding jam-jam lainnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X