Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan Blibli.com Bisa Belanja Online dan Ambil Barang di Toko

Kompas.com - 26/06/2019, 14:28 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform e-commerce Blibli.com memperkenalkan fitur Click&Collect yang memungkinkan pelanggan berbelanja online di website dan aplikasi Blibli.com. Namun, pelanggan bisa langsung mengambil pesanan dengan mengunjungi toko offline pilihan milik merchant atau toko mitra.

SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com Wisnu Iskandar mengatakan, fitur Click&Collect memperkuat strategi omnichannel atau memaksimalkan seluruh kanal penjualan baik online dan offline.

"Industri e-commerce kini memasuki era E-Commerce 4.0 yang ditandai dengan berkembangnya strategi ritel omnichannel. Strategi ini mencakup cara penjualan on/in-to offline (020) di mana merchant partner menggabungkan kekuatan kanal online dan offline untuk meningkatkan kepuasan berbelanja para pelanggan yang semakin terkoneksi ke internet," ujar Wisnu di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Baca juga: Blibli Buka Gudang E-Commerce Terbesar di Asia Tenggara

Wisnu mengatakan, biasanya para pelanggan menggunakan platform online untuk membandingkan harga, memeriksa spesifikasi produk, serta mendapatkan penawaran khusus. Namun, mereka tetap menginginkan pengalaman offline untuk melihat, merasakan dan mencoba produk sebelum dibawa pulang.

"Melalui fitur ini, para pelanggan bisa berbelanja di aplikasi dan situs Blibli.com untuk memanfaatkan sistem pembayaran yang aman, ragam pilihan metode pembayaran, dan berbagai penawaran khusus. Kemudian, mereka mengambil belanjaan di toko offline untuk memastikan kecocokan produk," lanjut Wisnu.

Baca juga: Gelar Kompetisi Bisnis Kreatif, Blibli Sediakan Hadiah Rp 1,3 Miliar

Blibli.com mencapai kerja sama strategis untuk mengembangkan penggunaan Click&Collect melalui kemitraan dengan Alfamart. Dengan kemitraan ini, pelanggan Blibli.com dan Alfamart dapat menggunakan fitur Click&Collect di ribuan minimarket Alfamart, juga di beberapa perusahaan merchant lainnya.

Adapun dari awal tahun diberlakukan hingga April ini, Wisnu mengatakan, sudah 250.000 pelanggan Blibli.com yang menggunakan fitur ini.

Hingga akhir tahun, ditargetkan 1,5 juta pelanggan bakal menggunakan fitur ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com