Asosiasi Bangun Sistem Angkutan Multimoda Berbasis Digital

Kompas.com - 27/06/2019, 14:04 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - ALFI (Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia) bersama ORGANDA menyepakati kerja sama untuk membangun sistem angkutan multimoda di Indonesia berbasis digital.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi persaingan perdagangan bebas global.

Menurut keterangannya, Kamis (27/6/2019), Ketua Umum ALFI Yukki N Hanafi, perusahaan freight forwarding anggota ALFI yang bertindak sebagai operator angkutan multimoda tidak semuanya memiliki armada angkutan barang di jalan raya (truk) sendiri. Di sisi lain, perusahaan angkutan truk anggota ORGANDA juga tidak semuanya dapat bertindak sebagai operator angkutan multimoda.

Perusahaan truk anggota ORGANDA juga belum memiliki sistem Dokumen Angkutan Barang (DAB) yang didukung oleh STC (Standard Trading Condition) yang diterima di pasar internasional.

Baca juga: Kemenhub Perpanjang Pembatasan Truk Melintas di Tol Hingga 13 Juni 2019

Keberadaan ALFI sudah sejak 1989 telah memiliki STC yang tidak hanya dapat diterima di pasar dalam negeri, tetapi juga dapat diterima di pasar internasional. Sebab, ALFI telah berafiliasi dengan AFFA, APAA dan FIATA.

Kerja sama dua asosiasi ini diharapkan dapat mewujudkan sistem angkutan multimoda dalam rangka mendukung kelancaran perdagangan internasional di Indonesia.

Kerja sama ini juga bertujuan untuk mempermudah bagi perusahaan anggota ALFI untuk mendapatkan armada angkutan barang di jalan raya yang laik jalan (sesuai standard) melalui jaringan perusahaan anggota ORGANDA.

Dalam kerja sama ALFI dengan ORGANDA ini juga untuk meningkatkan kualitas sumber daya masunia (SDM), termasuk para pengemudi angkutan barang melalui sertifikasi kompetensi profesi. Sebab, ALFI telah memiliki lembaga pendidikan (ALFI Institute) dengan kurikulum berstandard internsional (UNESCAP maupun FIATA).

Baca juga: Truk hingga 200 Motor Pengantar BBM Disiapkan Selama Musim Mudik

Demikian juga untuk sertifikasi kompetensi profesi, ALFI juga telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bernama Logistics Insa Prima (LIP) yang telah melakukan sertifikasi sekitar 2.500 pengemudi truk di Indonesia.

Pun ALFI dan ORGANDA sepakat untuk membangun sistem digital dalam angkutan barang melalui jalan raya di berbagai wilayah Indonesia.

Sementara Ketua Umum ORGANDA Andre Djokosoetono berharap dengan dilakukan MoU asosiasi ini dapat menekan biaya logistik, terutama melalui jalan raya, mengingat sebagian besar distribusi logistik melalui angkutan di jalan raya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.