Kado Jokowi, Petani dan Nelayan Akan Dapat Mesin Pompa-Elpiji Gratis

Kompas.com - 27/06/2019, 20:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar gembira hadir untuk para petani dan nelayan. Sebab pemerintah akan memberikan mesin pompa air bagi petani dan elpiji kepada nelayan.

Hal ini dipastikan setelah Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 38 Tahun 2019 pada 12 Juni 2019 lalu.

Seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Kamis (27/6/2019), Perpres tersebut tentang penyediaan elpiji untuk nelayan sasaran dan mesin pompa air bagi petani sasaran.

Baca juga: Jokowi Mau Pangkas Pajak Besar-Besaran, Penerimaan Negara Tergerus?

Adapun petani sasaran yang dimaksud yakni petani yang memiliki lahan pertanian paling luas 0,5 hektar, kecuali untuk transmigran, yang memiliki lahan pertanian paling luas 2 hektar.

Sementara nelayan sasaran yakni orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Penyediaan dan pendistribusian elpiji dan mesin pompa air ini akan dilaksanakan secara bertahap pada daerah tertentu.

Pendistribusian elpiji akan diawali dengan pemberian paket perdana secara gratis berupa mesin kapal, konverter kit kapal penangkap ikan dan pemasangannya, tabung elpiji 3 Kg beserta isinya dan peralatan pendukung.

Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2019 telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 17 Juni 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.