Tutup 5 Pabrik di Eropa, Ford Bakal PHK 12.000 Pegawai

Kompas.com - 28/06/2019, 09:00 WIB
Ford melakukan restrukturisasi dengan memangkas 7.000 pegawai advancemanufacturingFord melakukan restrukturisasi dengan memangkas 7.000 pegawai

LONDON, KOMPAS.com - Raksasa produsen mobil Ford berencana untuk memangkas 12.000 pekerjaan di seluruh Eropa pada akhir 2020.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat (28/6/2019), hal tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah perusahaan untuk memangkas biaya dan merestrukturasi bisnis mereka di Eropa. Rencananya, Ford bakal menutup lima pusat produksinya di Eropa pada akhir tahun depan, termasuk pabrik mesin di Bregdend, Wales.

Ford mempekerjakan setidaknya 51.000 orang di Eropa dan, perusahaan pun berharap mereka bisa mengurangi jumlah tenaga kerja dengan pengunduran diri secara sukarela.

Adapun sebenarnya, seluruh sektor industri mobil saat ini tengah berjuang untuk mengatasi permintaan pasar yang sedang lemah, serta tengah berinvestasi besar-besaran untuk pengembangan kendaraan listrik.

Baca juga: Restrukturisasi, Ford Bakal Pangkas 7.000 Pegawai

Ford mengatakan, dengan penutupan lima pusat produksinya di Eropa, setidaknya 12.000 pekerjaan bakal hilag, dengan 2.000 di antaranya adalah pekerjaan dengan gaji tetap. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 7.000 pemangkasan pekerjaan bergaji tetap oleh Ford di seluruh dunia yang sebelumnya sempat mereka umumkan.

"Berpisah dengan karyawan dan menutup pabrik adalah keputusan tersulit yang kami buat, dan sebagai pengakuan atas dampaknya pada keluarga dan masyarakat, kami memberikan dukungan untuk mengurangi dampaknya, "kata Presiden Ford Eropa Stuart Rowley.

"Kami berterima kasih atas konsultasi yang berkelanjutan dengan dewan kerja kami, mitra serikat pekerja dan perwakilan terpilih," lanjut dia.

"Bersama-sama, kami bergerak maju dan fokus untuk membangun masa depan jangka panjang yang berkelanjutan untuk bisnis kami di Eropa," tukas Stuart.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X